10 Rekomendasi Tempat Wisata Jogja yang wajib dikunjungi

5 min


Istana Air Taman Sari Tempat Wisata Jogja

Tempat Wisata Jogja- Kota Yogjakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar ketiga di wilayah Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang menurut jumlah penduduk.

Jogja selalu menjadi tempat pilihan untuk berlibur bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah…. bagi kamu yang telah memutuskan untuk berlibur di Jogja di waktu libur kali ini, saya akan berikan rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi  kamu ketika berada di Jogja.

Tempat Wisata Jogja

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung ini merupakan gunung yang empat sisinya menempati wilayah berbeda, sehingga membuat gunung ini menjadi tujuan wisata  dari berbagai arah. Buat kamu yang berjiwa petualang dapat berkunjung kesini untuk beerburu berbagai foto yang keren. Selain itu kamu juga akan dimanjakan dengan indahnya sunrice di kawasan merapi.

Adapun tempat yang wajib kamu kunjungi saat wisata Gunung Merapi diantaranya objek wisata Kalikuning, Kaliurang, dan Kaliadem. Khususnya di Kaliadem kamu bisa menyaksikan indahnya hamparan sawah yang menghijau serta sejuknya angin pagi.

Selain tempat yang dibahas di atas, 5 objek wisata ini pun tidak kalah keren dan pasti bakal membuatmu menyesal jika kamu melewatkannya, soalnya selain unik, indah, objek wisata ini juga bersejarah. Tempat tersebut antara lain Museum  Sisa Hartaku, Bungker Kaliadem, Bukit Glagasari yang memiliki banyak pohon sogo mirip cemara, makam  Mbah Marijan (roso), dan Batu Alien.

2. Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta

Istana Sultan Yogyakarta, di sini kamu akan menemukan banyak keunikan baik pada arsitekturnya maupun benda pusaka yang dibuat pada masa kejayaan jogja. Selain itu, kamu juga dappat menambah pengetahuanmu, karena pemandu wisata akan menceritakan berbagai mitos, ritual, cerita dan bahkan humor yang pasti akan membuatmu senang ketika melihat isi istana.

BACA JUGA:  Masih Alami, 10 Tempat Wisata Lembang Terbaru yang belum terjamah banyak orang

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jongrang merupakan candi yang sangat indah dengan bangunan yang sangat megah. Candi ini menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Pesonanya menjadi daya tarik tersendiri. Khususnya pada sore hari kamu dapat melihat keindahan panorama candi lengkap dengan sunset yang pasti akan membuatmu kagum.

Selain megah dan indah, bangunan ini memiliki berbagai hal yang pasti seru untuk diekploitasi. Bagian dalam bangunan pun tak kalah menarik, ada banyak relief yang sambung menyambung sehingga membentuk suatu cerita seperti asal usul dan juga masa lalu objek wissata ini. Salah satu relief yang terkenal yaitu kissah cinta Rama dan Dewi Shinta. Dari pada penasaran kamu dapat menambahkan tempat ini dalam lish liburanmu di Jogja.

4. Candi Sambisari

Candi Sambisari

Ketika kamu akan mengunjungi Candi Prambanan, Candi Sambisari merupakan tempat persinggahan yang baik, jadi jangan lupa untuk berkunjung dulu kesini. Disamping menghilangkan rasa capek, kamu juga dapat melihat-lihat arsitektur yang menari pada peningglan sejarah yang satu ini

Sebagai informasi dahulu candi ini pernah tekubur sedalam lima meter di bawah tanah selama ratusan tahun sampai lempengan batu pertama di temukan pada tahun 1966. Dalam penggalian dan pengkonstruksian kembali candi ini, dibutuhkan waktu yang sangat lama yakni lebih dari 20 tahun, ini merupakan bukti bahwa banyak arkeolog mengupayakan yang terbaik untuk memulihkan kejayaan di masa lalu. Jadi jangan disia-siakan yak.

5. Candi Sewu

Candi Sewu

Selain candi-candi di atas, Candi Sewu Klaten juga perlu kamu kunjungi. Candi ini merupakan candi yang tempatnya berdampingan dengan Candi Prambanan, yaitu berjarak sekitar 800 meter. Candi ini juga memiliki sejuta keindahan dan legenda yang pastinya akan membuat pengetahuan kita bertambah dan meningkat.

Selain itu, objek wisata ini juga memiliki sumber mata air yang jernih dan juga berkilau yaitu Umbul Ponggok dan Umbul Maten.  Karena kejernihannya Umbul Ponggok dan Umbul Maten disebut sebagai kolam kaca. Ketenangan dan kejernihan air ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

BACA JUGA:  7 Tips Saat Mendaki di Musim Hujan

6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang menjadi tempat wisata andalan di Yogyakarta karena keindahan alamnya yang menakjubkan.  Yang menarik dari pantai ini yaitu adanya gumuk atau gundukan pasir di sekitar pantai. Gumuk disebut sebagai gurun pasir di asia tenggara. Luasnya lautan pasir dan udara yang lebih panas beberapa derajat dibandingkan daerah sekitar akan membuatmu merasa sedang berada di afrika, menarik bukan?.

Bila ingin berkeliling pantai kamu dapat berjalan kaki sambil menikmati hembusan angin dan deburan ombak. Selain  dengan bejalan kaki kamu juga dapat berkeliling dengan menunggang kuda, dan bila tidak berani menunggang kuda kaamu dapat naik bendi atau kerata kuda. Selain itu cobalah menyewa ATV yaitu sejenis sepeda motor beroda empat yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling pantai sampai ke padang pasir.

7. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual gudeg Jogja serta sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan meraka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim, dan lain-lain, jadi tidak akan lengkap liburanmu di Jogja jika tidak mengunjungi tempat ini untuk berbelanja dan juga menyaksikan keunikan-keunikan yang ada di sini.

8. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari  Yogyakarta terletak di Jalan Taman, Yogyakarta. Taman Sari terletak sangat dekat dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 25 menit dari alun-alun utara kraton. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Dan sekarang taman ini menjadi salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang telah menjadi tempat wisata populer di kota ini.

Luas bangunan ini mencapai 10 hektar dengan 57 bangunan, yang terdiri dari komplek pemandian , danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, kanal air, taman, lorong bawah tanah, serta beberapa gedung dengan arsitektur Eropa, China, Jawa, Hindu, Budha dan Islam.

BACA JUGA:  8 Rekomendasi Tempat Wisata Bandung, Tak Perlu Mahal!

9. Kebun Binatanng Gembira Loka

Kebun Binatanng Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kawasan yang bisa dibilang super lengkap. Tamannya yang ridang serta sejuk akan menyambut kedatanganmu di kebun ini. Disini kamu akan disuguhkan dengan berbagai hewan yang menarik untuk dilihat. Hewan-hewan di taman memiliki berbagai jenis spesies yang di adopsi dari  berbagai dunia.

Di Taman ini kamu juga dapat melihat Museum tentang hewan dan juga tumbuhan yang baru dalam tahap pengembangan. Selain itu kamu juga akan melihat danau buatan dan kamu dapat menaiki kapal untuk mengelilingi danau ini.

tidak hanya atu , masih banyak lagi fasilitas  yang akan membuatmu betah di sini, seperti sepeda air, kolam tangkap, kereta mini, ATV dan area sepeda, dan masih banyak yang lainnya.

10. Arung Jeram Sungai Elo

Arung Jeram Sungai Elo

Arung Jeram Sungai Elo merupakan anak sungai Progo dengan klassifikasi jeram grade II. Faktor keindahan merupakan keunggulan pada objek wisata ini. Paket Arung jeram Sungai Elo, Magelang ini sangat cocok sekali bagi anda yang belum pernah melakukan pengarungan ataupun hanya sekedar ingin menikmati jeram-jeram di ataas perahu bersama keluarga atau kerabat.

Jangan khawatir!! Tidak perlu memiliki keahlian khusus seperti berenang atau mengendalikan perahu dalam mengikuti Paket Wisata Arung Jeram Sungai Elo, karena peralatan yang di sediakan seperti pelampung, helm, P3K, dan peralatan pendukung lainnya untuk keamanan serta tidak lupa sang nahkoda perahu atau skipper atau guide yang akan membawamu bermain Arung Jeram dengan aman dan nyaman.

Oke.. itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja untukmu. Masa sihh masih bingung :v . Selamat berlibur dan bersengang-senang.

Objek Wisata Lainnya:


Like it? Share with your friends!