Tantang Google, Facebook bikin OS pengganti Android

1 min


Facebook bikin OS pengganti Android

Facebook belajar dari nasib buruk yang menimpa Huawei yang tidak diperbolehkan untuk menggunakan layanan dan aplikasi Google. Mereka dikabarkan tengah mengembangkan sistem operasi bikinan mereka sendiri sebagai alternatif pengganti Android.

OS yang dimaksud Facebook bukan untuk gadget smartphone, melainkan perangkat lain seperti layar pintar, portal, dan headset virtual reality oculus.

Perangkat-perangkat tersebut memang dibuat Facebook dengan menjalan OS android yang telah dimodifikasi. Namun raksasa jejaring sosial media tersebut rupanya tidak percaya dengan Google yang notabene merupakan salah satu kompetitor besarnya di ranah teknologi.

BACA JUGA:  Bocoran spesifikasi Realme X50 5G

Terlebih, perangkat seperti headset VR tadi merupakan salah satu pengembangan yang akan dijadikan sebagai tumpuan Facebook di masa yang akan datang.

Dari pengalaman saat mereka mendapatkan masalah dengan Google, seperti Huawei, Facebook memilih untuk mengembangkan OS sendiri.

“Kami benar-benar ingin mempercayai pasar maupun kompetitor untuk mewujudkan hal tersebut. Maka dari itu, kamu melakukannya sendiri-sendiri”. Kata Bosworth.

Selain itu, Facebook juga telah menunjuk seorang kepala eksekutif untuk menjadi leader dari projek pengembangan sistem operasi tersebut.

Dia adalah Mark Lucovsky yang dulu pernah bertanggung jawab dalam pengembangan OS Windows NT di Microsoft.

Selain sistem operasi sendiri, Facebook juga ingin membuat teknologi asisten digital untuk menggantikan Alexa dan Amazon yang di display oleh Portal besutannya.

BACA JUGA:  GPU AMD Ryzen APU "Renoir" Akan Berjalan di 1,75 Ghz

Like it? Share with your friends!