Seperti Apa Perkembangan Jaringan 5G di Masa Depan?

2 min


jaringan 5G di Indonesia

Teknologi 5G merupakan masa depan seluruh dunia. Dengan perpindahan akses data yang cepat tentu akan mengubah pola kehidupan konsumen, mulai dari operator, industri, skateholder, serta banyak sektor lainnya.

Pertanyaan tersebut adalah wajar, karena jaringan 5G ini baru di terapkan pada awal tahun ini dan hanya pada sejumlah operator saja. Namun kebanyakan merupakan negara maju, contohnya China dan Amerika Serikat.

Kendati begitu, dalam setahun ini banyak pencapaian dalam penerapan teknologi tersebut dan bisa dibilang lebih cepat dibandingkan dengan genarasi penerapan teknologi jaringan sebelumnya.

Dalam acara Snapdragon Summit yang diselenggarakan beberapa hari lalu, Ekosistem teknologi 5G mulai terbentuk, tertata dan terlihat. Nah, menurut kamu dalam pengembangannya, apa saja yang akan terjadi di 5G ini? Simak lebih lanjut dibawah ini

Lebih dari 300 operator di dunia yang siap menyambut 5G

Merupakan jaringan dengan perkembangan yang sangat cepat, 5G siap di sambut oleh 325 operator di seluruh dunia. Mereka siap berinvestasi dalam pengembangannya. Selain itu, sudah ada sekitar 40 operator yang sudah melakukan implementasi pada jaringan 5G serta mendapat dukungan oleh 40 vendor OEM.

Tahun 2020 akan menjadi titik awal dari ekspansi jaringan 5G di seluruh dunia.

Baca juga: Benarkah Teknologi 5G China Lebih Maju Dari Amerika?

Siap meraih 2,8 Miliar Pelanggan 5G pada tahun 2025

Sejak pertama kali diperkenalkan setahun yang lalu, 5G sudah mendapatkan pelanggan operator seluler sekitar 5.1 miliar pengguna di seluruh dunia. Pengguna tersebut merupakan 67 persen dari total populasi penduduk yang ada di bumi.

Sedangkan pada tahun 2020 nanti, target pelanggan 5G akan tembus 200 juta orang, kemdian diyakini akan bertambah sampai 2,8 miliar pelanggan pada tahun 2025 mendatang.

Penerapan jaringan 5G bukan hanya pada smartphone saja.

Qualcomm siap mengapalkan sekitar 1,4 miliar unit smartphone 5G hingga tahun 2022. namun sejatinya penerapan jaringan 5G bukan hanya pada smartphone saja. Akan tetapi akan mengubah industri teknologi mulai dari medis hingga retail.

Penerapan Jaringan 5G akan berdampingan dengan 4G LTE

Dalam masa peralihan, jaringan 5G nantinya akan bersinergi dengan 4G LTS yang sudah ada. Sinergi ini memungkinkan melewati teknologi Dynamic Spektrum Sharing yang nantinya 5G dan 4G akan berjalan pada spektrum yang sama.

Dampak 5G pada konsumen

Nah pernah kah kamu berkipir ingin segera memiliki perangkat smartphone 5G? Nah di era smartphone canggih sekarang tentu kamu membutuhkan hal tersebut. Dengan adanya teknologi 5G kamu dapat mengunduh file dengan lebih cepat serta streaming tanpa putus-putus.

Namun sebenarnya, dampak yang kamu dapatkan masih masif, 5G akan membuka cakrawala baru di industri smartphone, seperti cloud gaming, virtual presence, desktop quality multiplayer gaming dan masih banyak lagi.

Baca juga: AMD Pastikan Arsitektur Zen 3 Akan Hadir Akhir 2020

Dampak 5G pada perusahaan

5G di masa depan akan membuka peluang bisnis-bisnis baru dan bahkan akan mengubah cara perusahaan dalam mengjalankan bisnisnya. Misalkan dalam operasi pasien yang dilakukan secara otonom hingga pemanfaatan teknologo AR (augmented reality). Selainitu 5G akan merubah industri retail menjadi smart retail, atau industri transportasi melalui teknologi massiv IoT, dan Industri manufaktur.

Mengubah Teknologi Penyimpanan data menjadi berbasis Cloud

Di masa depan, bisa saja smartphone akan mengubah penyimpanan datanya menjadi layanan Cloud, karena 5G memberi kecepatan transfer data dan latensi rendah. Hal ini akan memungkinkan super Apps, ketika pemprosesan dan kinerja yang dilakukan oleh Cloud. Maka sistem operasi pada smartphone kedepannya tidak akan terlalu relevan.

Bagaimana perkembangan 5G di Indonesia?

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa operator yang sudah menggelar uji coba pada jaringan 5G. Salah satunya adalah Telkomsel yang sudah menghadirkan pengalaman 5G di Asia Games 2018 lalu.

Hal ini menegaskan bahwa operator yang ada di Indonesia sudah siap menerapkan jaringan 5G untuk umum. Dengan begitu 5G dapat di manfaatkan untuk produktivitas dan efisiensi operasional. Namun sayangnya, pemerintah belum mengkonfirmasi tanggal dan waktu yang pasti kapan 5G akan di terapkan di Indonesia.

Baca juga: Snapdragon 7c dan 8c, Chipset Terbaru Dari Qualcomm Untuk Platfrom PC


Like it? Share with your friends!