Rusia sukses buat internet sendiri, Indonesia kapan?

1 min


Rusia sukses buat internet sendiri, Indonesia kapan?

Internet merupakan kebutuhan yang bisa di bilang hampir pokok di masyarakat Indonesia maupun Indonesia. Bayangkan saja, dengan tidak adanya Internet apa yang akan kamu lakukan ?

Selain itu, Internet telah dirancang sedemikian rupa untuk menjadi ruang terbuka bagia semua orang, dan bisa di akses untuk siapa saja, akan tetapi masih dalam kendali negara dan pemerintah tertentu.

Namun kenyataannya, banyak pemerintah di berbagai negara terus berupaya untuk melakukan pembatasan konten kepada masyarakatnya, Tak terkecuali seperti konten sara, ilegal, dan porn.

Batasan tersebut tidak selalu berhasil diterapkan oleh pengguna, pasalnya pengguna nyatanya lebih pintar dalam urusan tersebut, walaupun dibatasi, akan tetapi dengan menggunakan DNS atau VPN bisa denga mudah untuk melewati batasan yang diberlakukan oleh pemerintah tersebut.

BACA JUGA:  Bocoran Terbaru OnePlus 8 Lite, Smartphone Kelas Menengah Dengan Layar 90Hz

Akan tetapi, beda ceritanya dengan negara Rusia. Mereka berpikir bahwa mereka menemukan solusi yang sangat ampuh, yakni dengan membangun Internetnya sendiri.

Yap, benar, kamu gak salah baca, membangun Internet untuk mereka sendiri.

Dalam pembangunnya tersebut, Rusia telah melakukan uji coba, dan kini dinyatakan telah berhasil.

Menurut laporan dari BBC, menyebutkan bahwa Rusia mengklami berhasil menguji internetnya sendiri. Dengan membuat Internet sendiri, Rusia akan membatasi titik dimana pengguna bisa terhubung ke Internet seluruh dunia.

Pemerintah Rusia juga bisa memberikan lebih banyak kendali atas Internetnya sendiri, seperti jenis konten dan akses yang dibuat oleh masyarakatnya.

Menurut kementrian Komunikasi Rusia, pengguna yang termasuk dalam pengujian tak merasakan adanya perubahan dalam hal tersebut. itu artinya mereka mengalami pengalaman yang sama ketika menggunakan Internet yang tidak dibatasi sebelumnya.

Namun demikian, menurut Justin Sherman, Seorang pakar kebijakan dari keamanan dunia maya di New York mengatakan kepada BBC bahwa Pemerintah Rusia telah mengalami tantangan tekniks di masa lalu, ketika mereka mencoba untuk meningkatkan kontrol Online, seperti upaya yang sebagian besar tidak pernah berhasil untuk memblokir Rusia dalam mengakses pesan yang terenkripsi Telegream.

Namun tanpa infromasi lebih lanjut tentang tes selanjutnya dari Rusia, Sulit untuk menilai dengan tepat seberapa jauh mereka telah berkembang dan menuju internet domestik aslinya.

BACA JUGA:  Indosat Ooredoo Luncurkan Feature Phone Dengan Dukungan Jaringan 4G

Like it? Share with your friends!