Mau awet? Baca 5 tips mudah cara merawat smartphone

2 min


tips cara merawat smartohone

Smartphone saat ini menjadi perangkat yang sangat penting untuk dibawa kemana-mana. Mayoritas orang di zaman sekarang menjadikan handphone sebagai benda paling berharga yang harus mereka bawa kemanapun mereka pergi. Rasanya sulit membayangkan seharian tanpa menggunakan smartphone.

Apalagi millennial yang kebanyakan menggantungkan hidup pada smartphone ketimbang benda lainnya. Namun tahukah kalian beberapa kebiasan sehari-hari yang tanpa sadar kita lakukan ternyata malah meningkatkan risiko merusak Smartphone yang kita miliki. Nah oleh karena itu simak tips cara merawat smartphone berikut ini.

1. Membawa Smartphone ke kamar mandi atau toilet

Nah ini kebiasan yang mungkin masih sering kalian lakukan, kalau iya baiknya hentikan dari sekarang. Apa sih bahayanya? Pertama HP kamu berisiko untuk jatuh ke air dan rusak.

BACA JUGA:  5 Tips berhijab cuaca terik, Biar gak gerah dan berkeringat

Tahu sendirikan barang elektronik kan pantang untuk kena air, kecuali barang-barang elektronik tertentu yang memang spesifikasinya water resistant Yang tak kalah penting nih jika Smartphone kalian terhubung ke charge atau pengisi daya dan jatuh ke bak mandi, bakalan bikin nyetrum, dan bisa berakibat fatal.

2. Jangan charging smartphone semalaman

Dapat membuat Baterai Cepat Soak
Ini nih kebiasaan yang lazim terjadi dilakukan, mengisi daya atau charging semalaman harapannya saat pagi hari, baterai HP kita sudah penuh terisi 100 persen. Tidak ada yang berbahaya sih jika kalian melakukan ini, namun ternyata mengisi baterai semalaman membuat smartphone kita tidak awet.Kebiasaan ini ternyata bakal mengurangi kapasitas baterai. Selain itu, baterai lithium-ion tidak memerlukan muatan penuh karena tegangan tinggi cepat menghabiskan baterai. Intinya baterainya cepat soak

3. Hindari cara membersihkan dengan bahan kimia

Kalau Anda tidak mau smartphone Anda cepat rusak, jangan pernah membersihkannya dengan bahan kimia. Karena hal tersebut bisa mempercepat kerusakan smartphone. Jangan sekali-kali membersihkan layar smartphone kalian menggunakan cairan untuk membersihkan jendela dan kaca di rumah.

BACA JUGA:  4 Software Terbaik untuk kebutuhan Desain Grafis

Karena ternyata cairan itu mengandung amonia dan zat lain yang merusak lapisan antistatik dan anti-reflektif yang ada di layar. Tahukah kalian jika kebiasaan ini sering dilakukan senyawa kimia ini bisa mengakibatkan munculnya retak, menguning, dan kekeruhan pada layar.

4. Hindari pemakaian smartphone sampai ngedrop

Tahukah kalian baterai lithium-ion dari beberapa smartphone diprogram untuk sejumlah siklus pemakaian penuh dari 100% hingga 0%. Setelah beberapa ratus siklus ini, kapasitas baterai mulai berkurang. Itu sebabnya lebih baik tidak menunggu sampai ponsel benar-benar habis.

Cek baterai HP kalian ketika daya atau bataerainya hanya tinggal 20 persen lakukan pengisian ulang.

5. Jangan gunakan charger KW

Nah satu lagi kebiasaan yang ternyata bisa mempercepat kerusakan di HP kalian yakni sembarangan menggunakan pengisi daya atau charger yang bukan peruntukkannya. Sering kan terjadi saat bepergian lupa membawa charger lalu meminjam charger kawan. Mungkin chargernya cocok sih, tapi bukan berarti pengisi daya tersebut kompatibel dengan ponsel Anda.

Kebiasaan ini bisa menjadi hal yang berbahaya. Ini karena ada chip khusus di dalam ponsel yang memiliki fungsi tertntu dan sistem tersebut bisa mengalami kerusakan oleh karena charger atau kabel yang salah. Ini dapat mencegah ponsel Anda menjalankan beberapa fungsi dengan benar.

BACA JUGA:  Cara Top Up Diamond Game (Free Fire, ML, PUBG) dengan poin Telkomsel 100% Work!

Akhir Kata

Nah itu tips mudah cara merawat smartphone. yuk bagikan info-info yang bermanfaat untuk keluarga dan teman-teman Anda.


Like it? Share with your friends!