Jepang hadirkan aturan batasan penggunaan Smartphone

1 min


Jepang hadirkan aturan batasan penggunaan ponsel

Memuncaknya tingkat adiktif penggunaan smartphone di Jepang baik itu bermain game ataupun sosial media, kian hari hari kian menghawatirkan.

Tak hanya anak remaja saja, akan tetapi mulai dari orang dewasa bahkan anak kecil pun ikut terlibat. Kendati begitu, sudah banyak negara yang mengeluarkan beberapa regulasi untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

Tiongkok misalnya, negera tirai bambu tersebut telah menerapkan batas penggunaan smartphone genggam selama 90 menit perhari hari kerja dan tiga jam pada akhir pekan serta hari libur.

Selain itu, larangan bermaun game juga diberlakukan sepenuhnya, antara lain pada jam 22:00 dan 08:00. Semua ini ditujukan untuk mengekang kebiasaan bermain game dari mereka yang berusia di bawah 18 tahun kebawah.

Selain tiongkok, Jepang juga dikabarkan akan segera meluncurkan peraturan baru yang memiliki maksud sama seperti negara tetangganya. Wilayah yang akan memulai peraturan baru ini adalah prefektur Kagawa yang berupaya untuk membatasi waktu penggunan perangkat khususnya di bawah usia 18 tahun.

BACA JUGA:  Realme 5i siap meluncur 15 Januari di Indonesia

Dialansir dari Wccftech (15/1/2020). Batasan yang diterapkan adlaah 60 menit selama hari kerja dan 90 menit pada akhir pekan dan hari libur. Pemerintah di prefektur Kagaya juga mengharuskan masyarakatnya untuk mematikan perangkat tersebut pada pukul 22:00.

Tak ada hukuman bagi mereka yang melanggar aturan-aturan ini, memang pada awalnya aturan ini dibuat hanya untuk menjadi pedoman saja dan dapat dengan mudah diabaikan. Akan tetapi prefektur Kagawa berharap peraturan baru ini diterapkan secara nasional.

Draft peraturan inipun sudah diajukan pada 10 Januari dan akan diputuskan pada bulan depan. Jika peraturan baru ini disahkan, rencana pembatasan penggunaan smartphone ini akan berlaku pada awal ajaran di bulan April mendatang.

BACA JUGA:  Samsung Galaxy S11 Plus akan hadir dengan resolusi kamera 108MP

Like it? Share with your friends!