Huawei Perkenalkan Chipset Terbaru Kirin 1020 Dengan Fabrikasi EUV 5nm

1 min


huawei kirin 1020

Qualcomm baru saja memperkenalkan jajaran prosesor flagshipnya beberapa hari lalu. Yaitu Snapdragon 865 dan Snapdragon 765 yang sudah terintegrasi 5G di dalamnya.

Selain itu, Snapdragon 865 di klaim sebagai chipset terkencang yang ada saat ini. Namun sepertinya mereka kedatang pesain baru dari Huawei.

Ya, Huawei siap meluncurkan chipset terbarunya yaitu Kirin 1020 pada tahun 2020 mendatang dengan arsitektur EUV 5nm. Chipset tersebut akan rilis bersamaan dengan kehadiran keluarga Mate 40.

Baca juga: Huawei Nova 6 5G Punya Skor Kamera Depan Tertinggi di DXOMark

Seperti apa kemampuan Kirin 1020 ?

Dengan teknologi fabrikasi 5nm tentunya akan memiliki peforma yang tinggi. Menurut seorang pembocor @RODENT950, ia mengatakan bahwa peforma dari prosesor Kirin 1020 akan unggul sekitar 50% dari SoC kirin 990.

Perbedaan yang terpaut jauh tersebut nampaknya disebabkan oleh teknologi fabrikasi baru. Huawei tidak menggunakan teknologi fabrikasi 7nm yang sebelumnya, namun langsung meloncat ke teknologi fabrikasi EUV 5nm.

Perusahaan asal Tiongkok ini dikabarkan telah menjalin kerjasama dengan TSMC untuk membuat chipset terbarunya tersebut. Selain itu Huawei dikabarkan menggunakan core ARM Cortex-A77 sebagai chip intinya.

BACA JUGA:  Facebook resmi batalkan iklan di WhatsApp

Penggunaan Cortex-A77 ini menghasilkan kecepatan clock yang lebih tinggi pada”Performa Core” yang tertanam pada Kirin 1020 ini. Selain itu, chipset ini juga sudah mendukung teknologi 5G di dalamnya.

Baca juga: Seperti Apa Perkembangan Jaringan 5G di Masa Depan?


Like it? Share with your friends!