Find My Mobile, 3 Cara Untuk Antisipasi Smartphone Samsung Sebelum Hilang

1 min


Find My Mobile

Find my Mobile- Setiap orang bisa saja ceroboh, entah itu lupa, tertinggal atau di curi orang lain. Nah jika kamu mengalami smartphone hilang. Yang terlintas dalam pikiranmu pastilah PANIK!. Masalahnya bukan hanya masalah harga smartphone nya saja. Akan tetapi terdapat data yang lebih penting yang tersimpan di dalamnya.

Pada smartphone Samsung terdapat sebuah fitur yang akan berguna bagi kamu untuk menemukan ponsel yang hilang. Sebuah aplikasi yang bernama Find My Mobile dari Samsung ini akan menjadi solusi bagi kamu dalam menemukan ponsel yang hilang.
Nah untuk menggunakan aplikasi tersebut, pertama kamu harus memiliki harus memiliki akun Samsung terlebih dahulu. Jika belum, silahkan untuk mendaftar melalui https://findmymobile.samsung.com/

Lakukan pendaftaran seperti pada umumnya, jika sudah lakukan log in dengan akun tersebut. Lalu kamu akan mendapati sebuah tampilan My Device is Not Shown. Lalu klik peringatan tersebut lalu kamu dapat memulai untuk menambahkan device baru.
Cara ini sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke Setting kemudian klik icon security, kemudian klik Find my device. Nah pada tampilan tersebut akan tertera email yang sebelumnya telah kamu daftar pada akun Samsung.

BACA JUGA:  Cara Menjadikan Android Sebagai Mouse dan Keyboard

Lalu, Apa saja fungsi dari Find My Mobile ini?

1. Untuk mencari posisi Smartphone

Menghubungi smartphone saat ketika hilang adalah cara yang mudah untuk dilakukan, namun bagaimana jika smartphone tersebut mati. Nah salah satu caranya adalah dengan menggunakan Find My Phone melalui PC atau Laptop. Namun sebelum itu untuk mengetahui posisi smartphone yang presisi, kamu harus menghidupkan terlebih dahulu Google Location Service. Nah jadi saat smartphone kamu hilang dan tidak bisa ditemukan maka kamu dapat melakukan fitur “Bunyi Perangkat” sehingga secara otomatis smartphone kamu akan berbunyi dan dapat ditemukan.

2. Mengunci Smartphone dan Menghapus Semua Data

Jika smartphone kamu yang hilang dan sudah tidak bisa ditemukan lagi. Maka satu-satunya cara yaitu dengan mengunci smartphone dan menghapus semua data yang ada didalamnya. Dengan aplikasi FInd My Phone kamu dapat mengunci perangkat tersebut dari jarak jauh serta membuat pesan yang akan ditampilkan pada layar perangkat yang dikunci, salah satu contohnya dengan memasukan nomor kamu agar si penemu smartphone dapat menghubungi kamu.
Nah jika cara ini berhasil, dan kamu ingin mengembalikan kembali dan mengaktifikasi perangkat, kamu dapat memasukan pin yang sebelumnya sudah kamu settings.

BACA JUGA:  7 Cara Melacak Lokasi Smartphone Oppo Yang Hilang

3. Mendaftarkan Device Anggota Keluarga dan Device Tambahan

Selain mempunyai fungsi secara pribadi, dengan aplikasi Find My Phone juga kamu dapat menambahkan anggota keluarga yang ingin kamu monitor. Fungsi ini dapat membantu jika device salah satu keluarga kamu ada yang hilang. Sehingga kamu dapat membantu untuk menemukannya.

Akhir Kata

Nah sekarang kamu sudah tahu apa itu Find My Phone serta fungsi dan manfaatnya, segera lakukan langkah awal yang tepat sehingga dapat mengantisipasi jika suatu saat smartphone kamu hilang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga: Samsung Galaxy M30S, Harga dan Spesifikasi


Like it? Share with your friends!