Doa Agar Suami Menyadari Kesalahannya dan 6 Amalan yang Harus Istri Lakukan

4 min


6 Amalan dan Doa Agar Suami Menyadari Kesalahannya

Doa Agar Suami Menyadari Kesalahannya merupakan salah satu doa yang bisa kamu amalkan ketika kamu ingin membukakan hati sang suami atau orang lain ketika kamu merasa tersakiti. Dan agar membukakan pintu orang tersebut akan menyadari kesalahanya.

Agama Islam sejatinya tidak pernah mengajarkan kepada kamu untuk membalaskan dendam kepada sesamamu. Namun dalam agama Islam terdapat banyak amalan doa yang bisa kamu lakukan supaya orang atau suami kamu menyadari akan kesalahanya.

Namun hal itu bukan perkara mudah, membuat suami agar menyadari kesalahanya. Kamu bisa melakukan beberapa amalan doa dan cara untuk menyikapinya. Agar suami cepat sadar sudah menyakiti kamu akan perbuatan yang telah dibuatnya.

Suami bisa saja khilaf dan melakukan kesalahan yang bisa menyakiti hati sang istri, hal ini tentu saja akan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Dengan hadirnya konflik-konflik yang terjadi di kehidupan berumah tangga, bisa menjadi hambatan ikatan cinta diantara suami dan istri.

Hal ini tentunya menjadi keberlangsungan sebelum kamu melakukan pernikahan, Maka wajar saja, seseorang yang hendak menikah harus menetapkan hatinya terlebih dahulu hati dan keyakinan mereka sebelum melakukan pernikahan.

Kendati begitu, jika kamu sedang jatuh cinta, bukan berarti orang yang kamu sukai akan pantas menjadi jodoh kamu nantinya, Semua orang bisa saja menjadi pacar kamu, namun tidak semua bisa menjadi jodoh kamu, alahkah baiknya jika kamu memikirkan matang-matang sebelum kamu melakukan pernikahan, agar rumah tangga yang kamu jalani terjaga keharmonisannya. Kemudian cinta dan ridha Allah Swt. memberkahi kamu dan suami kamu.

Namun, jika sesudah menikah dan berumah tangga, konflik-konflik datang dan mengganggu keharmonisan rumah tangga kamu. Menjalani sebuah hubungan dengan perasaan karuan, tentu saja akan membuat hati kamu terasa tidak nyaman. Pasalnya jika hanya cinta saja, urusan berumah tangga tidaklah cukup.

BACA JUGA:  4 Software Terbaik untuk kebutuhan Desain Grafis

Beberapa amalan ini bisa kamu terapkan baik untuk kamu yang sudah berkeluarga atau remaja yang sedang merasa tersakiti oleh suami atau kekasihnya. Doa ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar orang yang menyakiti atau mengecewakan kamu agar cepat bertobat dan tidak mengulangi kesalahannya.

Jika kamu yang merasa tersakiti, Lalu bagaimana cara istri agar suami dapat menyadari kesalahan yang telah diperbuatnya? Berikut adalah Doa Agar Suami Menyadari Kesalahannya.

Tidak ada orang yang mau disakiti, tapi bukan berarti kamu yang harus disakiti. Dan kemudian kamu mencoba untuk meluapkan amarah dan membalas dendam kepada yang menyakiti kamu. Perbuatan ini tidaklah benar.

Islam telah mengajarkan kita agar selalu memperhatikan sikap kamu bila ada seseorang yang menyakiti kamu. Banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika mendapati suami atau orang lain yang menyakiti kamu. Beberapa diantaranya adalah dengan mengamalkan Doa Agar Suami atau Orang lain sadar akan kesalahanya.

Doa Agar Suami Menyadari Kesalahannya

Adapun contoh doa doa yang bisa kamu amalkan, agar suami menyadari kesalahan-kesalahannya sebagai berikut:

“Ya Allah, bimbinglah kami agar senantiasa dapat memetik hikmah yang tersirat dari semua kejadian yang telah engkau berikan kepadaku.

Jadikanlah kami sebagai hamba-Mu yang dapat menahan amarahnya, serta lapangkanlah hati kami agar senantiasa dapat memaafkan segala kesalahan Ya Allah.

Berikan kepada kami kekuatan dan keikhlasan agar bisa membalas segala keburukan dengan kebaikan.”

Setelah mengamalkan doa tersebut, selanjutnya kamu hanya perlu memahami bagaimana pemahaman masing-masing. Menikah bukan menjadi ladang kenikmatan biologis saja, akan tetapi juga merupakan amal ibadah terlama yang diberikan oleh Allah Swt.

Seorang istri wajib akan sesuatu hal kepada suaminya, Seperti yang telah dijelaskan dalam Surah an-Nisa ayat 34 yang artinya:

BACA JUGA:  5 Tips merawat baterai smartphone

“Maka wanita saleh, ialah ia yang taat kepada Allah Swt. lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah Swt. telah memelihara mereka.”

Berikut amalan yang bisa dilakukan Istri akan Doa Agar Suami Menyadari Kesalahanya.

Baca juga: Arti Barakallah

Amalan yang harus kamu lakukan sebagai istri

Terdapat amalan yang bisa dilakukan oleh kamu seorang istri, Selain berdoa kepada Allah Swt. dengan bersungguh-sungguh, kamu juga bisa mengamalkan beberapa cara ini agar suami dapat menyadari akan kesalahan yang diperbuatnya.

1. Muhasabah / Mengintropeksi diri sendiri

Tanyakan hal ini kepada diri sendiri, ini merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan. Coba tanyakan pada diri kamu sendiri kenapa dia melakukan hal demikian?
Mungkin atas apa yang dia lakukan terhadapmu merupakan balasan atas dosa-dosa yang telah kamu perbuat.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagai harapan kamu bisa menyadari atas kesalahan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menyalahkan suami.

Namun, jika kamu masih belum menemukan jawabannya, maka kamu berhak untuk mendapatkan perlakuan istri dari suami yang semestinya ia lakukan sebagaimana yang telah tersirat dalam ajaran agama islam

2. Taqarrub / Mendekatkan diri kepada Allah

Setelah kamu mengintropeksi diri alahkah baiknya kamu untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Kamu harus selalu bersyukur karena kamu bukan merupakan pihak yang menyakiti.
Menjalaninya dengan penuh kesabaran dan terus berdoa agar semua ujian yang telah Allah berikan kepadamu menjadi hikmah atas kehidupanmu. Dan semoga Allah Swt. menghapus semua dosa yang telah kamu perbuat. Sebab semua doa orang teraniaya akan dikabulkan oleh Allah Swt.

Namun harus diingat, kamu tidak boleh mendoakan suami akan sesuatu yang buruk, berdoa lah agar suami cepat sadar dan mengakui kesalahannya, serta berikan doa yang baik-baik, agar kamu mendapat amal yang baik pula.

BACA JUGA:  Sering ada disekitar kamu, Inilah 7 Jenis Plastik yang wajib kamu ketahui

3. Kendalikan Amarah

Jika kamu menuruti amarah, maka masalah yang kamu alami tidak akan pernah selesai, justru sebaliknya, kamu akan mendapatkan kerugian yang besar. Selain kita telah disakiti oleh suami, kita juga akan disakiti oleh diri sendiri. Maka dari itu, menahan amarah adalah jalan terbaik yang bisa kamu lakukan.

Kemudian, doakan suamimu sebaik-baiknya, itu adalah hal terbaik daripada menuruti hawa nafsu. Anggap saja semua kesakitan dan kedzaliman yang kamu terima, adalah penebus dosa.

Memaafkan dan mendoakan yang baik-baik adalah jalan terbaik yang bisa kamu lakukan atas apa yang terjadi kepadamu.

4. Menyadari kesalahan diri sendiri

Sadarilah bahwa semua yang terjadi merupakan pertengkaran yang sering dialami oleh semua orang, Bukan hanya kamu saja, akan tetapi setiap orang pasti mempunyai masalah masing-masing.

5. Mengasihi Suami yang menyakiti kamu

Setiap masalah jika tidak dimaafkan maka tidak ada akhirnya, kamu harus senantiasa untuk mengasihi suami, dengan memberikan kelembutan, dan kasih sayang.
Jangan sesekali berniat untuk membalas dendam, karena siapa tahu orang yang menyakiti kamu sekarang akan menjadi orang yang menolong kamu ketika mengalami kesulitan.

6. Memaafkan Semua Kesalahan Suami

Tidak ada hal yang lebih indah selain memaafkan, Sejatinya Allah Swt. adalah maha pemaaf. Jika Allah saja memaafkan kesalahan yang kamu perbuat. Maka lebih baik kamu memaafkan kesalahan dari orang yang menyakitimu.

Tak lupa juga, menjalaninya dengan ikhlas untuk mendapatkan ridha dari Allah Swt.

Akhir Kata

Nah, demikian yang sebaiknya kamu lakukan ketika disakiti oleh orang lain, Jangan menjadikan kesakitan tersebut sebagai alasan untuk menjauhkan diri kepada Allah Swt. Selalu berdoa serta mengamalkan serta mendekatkan diri kepada Allah Swt. akan membuat kamu merasa lebih baik.

Baca juga: Arti Syafakillah dan Syafakallah


Like it? Share with your friends!