Cara Scrolling Screenshot Pada Smartphone Xiaomi

1 min


scrolling screenshot

Xiaomi merupakan smartphone dengan jumlah pasar yang sangat besar di Indonesia. Hal ini terbilang sangat unik karena Xiaomi tidak memasang iklan pada Media Televisi maupun Media massa lainnya. Tidak seperti Samsung, setiap ada keluaran Smartphone terbaru mereka langsung membuat iklan dimana-dimana.

Namun walaupun begitu, Xiaomi memiliki banyak fans dan developer non official yang siap membuat smartphone ini semakin unik. Kenapa Xiaomi sangat digemari oleh pengguna smartphone di Indonesia maupun dunia? Jawabannya karena Xiaomi menawarkan smartphone yang harganya terjangkau namun memiliki spesifikasi yang gahar dibanding smartphone kompetitor lainnya.

Selain itu, pada update yang dimulai pada MIUI 8 ke atas, banyak fitur yang menarik yang sangat bermanfaat untuk kamu. Fitur tersebut adalah Long Screenshot / Scrolling Screenshot / Screenshot Panjang. Fitur satu ini memungkinkan kamu untuk melakukan screenshot dalam area yang panjang.

Sebagai contohnya, jika kamu adalah seorang mobile developer dan sekaligus UI Designer. Kadang kamu harus mengecek detail tampilan yang membutuhkan long screenshot untuk memasukan ke dalam laporan. Atau ketika kamu membuka halaman sebuah website yang membutuhkan seluruh tampilan secara penuh. Kamu dapat menggunakan fitur ini melakukan screenshot panjang dan tidak membutuhkan banyak effort. Sangat berguna bukan? Selain itu cara ini tidak membutuhkan akses root sama sekali, jadi untuk kamu yang awam sekalipun bisa menggunakannya

Nah apa kamu penasaran dengan cara screenshot panjang pada Smartphone Xiaomi. Cara ini bisa kamu lakukan pada MIUI 7. MIUI 8, MIUI 9, dan MIUI 10. Dan bekerja pada semua jenis smartphone Xiaomi.

Cara Scrolling Screenshot / Screenshot Panjang

1. Pastikan smartphone Xiaomi kamu dinyalakan

2. Selanjutnya, pastikan kamu memilih terlebih dahulu tampilan area yang panjang untuk di screenshot (Contohnya halaman chatting atau website)

3. Untuk melakukan screenshot tekan tombol power dan volume bawah (-) secara bersamaan.

4. Kemudian layar akan berkedip dan terdengar suara shutter. Pada saat bersamaan ada sebuah gambar kecil muncul pada sebelah kanan layar smartphone. Untuk melakukan long screenshot kamu sentuh gambar tersebut.

5. Akan muncul sebuah menu baru untuk melakukan scrolling screenshot

6. Lalu tekan menu scroll

7. Kemudian layar akan secara otomatis turun secara perlahan

8. Jika dirasa screenshot sudah cukup maka selanjutnya kamu cukup menekan tombol Done atau Selesai

9.Setelahnya kamu akan masuk ke dalam menu editing. Edit secukupnya kemudian simpan.

10. Selain menyimpannya kamu juga dapat membagikannya secara langsung ke WhatsApp, Facebook dan Sosial Media lainnya.

Akhir Kata

Nah, dengan begitu kamu dapat melakukan cara long screenshot, scrolling screenshot, atau screenshot panjang. Untuk melihat hasil gambar tersebut, biasanya tersimpan pada folder DCIM atau Screenshot. Kamu dapat menemukannya secara mudah pada Galeri.

Baca juga: 3 Cara Cek IMEI Pada Semua Smartphone Xiaomi


Like it? Share with your friends!