Mudah! Cara membuat aplikasi Android dengan Android Studio terbaru 2020

4 min


Cara membuat aplikasi Android sebenar sangat mudah, jika kamu serius dan belajar belejar sungguh-sungguh walaupun secara Otodidak.

Namun yang paling utama adalah kesiapan kamu baik itu lahir batin dan mental untuk menjadi Adroid Mobil Develover (Pengembang aplikasi berbasis Android).

Jika mental kamu sudah siap dan bersungguh-sungguh, semua masalah dan rintangan apapun pasti bisa kamu hadapai. Akan tetapi jika tidak mental sama sekali, atau hanya membaca artikel ini saja masih malas, Bagaimana mau bisa?

Cara membuat aplikasi Android

Pertama, siap kan mental dan kesungguhan hati bahwa kamu bisa membuat sebuah aplikasi, dan jangan pernah untuk menyerah. Itulah kunci penting dalam belajar membuat aplikasi.

So.. lets begin!

Cara membuat aplikasi dengan mudah, namun kamu masih belum mempunyai kemampuang coding atau pemograman dan hanya bisa menggunakan smartphone android saja dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan khawatir, dengan hanya menggunakan smartphone android tersebut, kamu bisa membuat aplikasi untuk smartphone kamu, bahkan dalam hitungan menit saja.

Namun sebelum itu, harus menjadi pengetahuan dasar, jika aplikasi yang dibuat oleh smartphone pasti akan memiliki kekurangan. Tapi, apa salahnya untuk mencoba dalam awal kesuksesan kamu.

Pasalnya, untuk membuat yang sempurna, kamu harus belajar dari hal kecil terlebih dahulu dan tidak ada cara yang instan dalam menggapai hal tersebut.

Nyatanya, Mie instan aja harus direbus dulu baru bisa dimakan, apalagi yang berhubungan dengan teknologi. Bahkan pembuatan satu video games saja akan membutuhkan waktu bertahun-tahun dan harus memiliki tim banyak dan prospesional. Nah kamu ? sendiri bisa apa ? wkwk cuma canda. Ayo lanjut!

Mari kita kembali fokus kedalam bahasan pokok utama yakni membuat sebuah aplikasi android dengan mudah dan tidak perlu modal yang besar.

Namun inti dari artikel ini tak lain hanya menyaran kan kamu untuk membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan PC atau Laptop, agar dapat hasil yang maksimal, dan disertai dengan dasar-dasar ilmu pengetahuan tentang coding atau pemograman android seperti bahasa pemograman Java, Kotlin, Dar, C++, C# dan Javascrip. Bukan hanya itu saja, sebenarnya masih banyak lagi bahasa pemograman yang harus kamu pahami dalam membuat sebuah aplikasi.

BACA JUGA:  4 Cara Mengatasi Android Bootloop

Birikut ini merupakan 3 software yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah aplikasi android sendiri dengan mudah. Simak langkah-langkah membuat aplikasi andorid yang sudah banyak digunakan pengembang aplikasi profesional diseluruh dunia.

1. Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio

Sebelum melanjutkan cara ini, silahkan download terlebih dahulu software Android Studio di bawah ini.

Kenapa menggunakan Android Studio?

Android Studio merupakan sebuah software tools resmi yang didukung secara penuh oleh Google sendiri sebagai pengembang dari Android. Software ini bertujuan tak lain untuk mengembangkan aplikasi berbasis android. Kamu tidak perlu untuk membeli lisensi atau mengeluarkan biaya apapun, karena software ini sepnuhnya gratis.

Fitur Andoid Studio

Sebelum memulai membuat aplikasi android, pastikan terlebih dahulu bahwa yang kamu install merupakan aplikasi terbaru dari Android Studio. Adapun beberapa fitur yang disediakan oleh Software tersebut di antaranya:

1. Visual Layout Editor

Dengan fitur ini, kamu bisa membuat tata yang bahkan rumit sekalipun, dengan sebuah Constrain Layout kamu bisa menambahkan batasan dari setiap tampian ke tampilan dengan pemoman lainnya.

BACA JUGA:  5 Cara Mengatasi Layar Sentuh Error

Kemudian kamu juga bisa meninjau tata letak yang kamu bangun ke dalam ukuran penuh dengan memilih salah satu dari berbagai konfigurasi yang telah disedia pada software tersebut.

2. APK Analyzer

APK Analyzer akan membantu kamu untuk memberikan peluang dalam mengurangi ukuran aplikasi Android dengan memeriksa setiap file konten yang akan kamu buat untuk aplikasi kamu.

Selain itu, fitur ini dapat memeriksa file lainnya seperti manifes, sumber daya, dan file DEX. Kamu juga bisa merubah ukuran aplikasi serti versi dari aplikasi  yang kamu buat.

3. Fast Emulator

Fast Emulator berfungsi untuk menjalankan aplikasi yang kamu buat, namun dengan fitur ini maka aplikasi yang jalankan akan cepat dan bisa disimulasikan dengan berbagai konfigurasi beserta fitur yang ada didalamnya.

Antara lain, termasuk ARCOre, dan Platfrom Google untuk membangun pengalam sebuah aplikasi yang memiliki teknologi Augmented Reality.

4. Intelligent code Editor

Intelligent code Editor memungkinkan kamu untuk menulis kode dengan lebih baik dan dapat bekerja denga lebih cepat serta produktif dengan bantuan code cerdas yang disediakan penyesuaian bahasa pemograman seperti Kotlin, Java, dan C / C++.

5. Flexible build system

Flexible build system telah didukung oleh Gradle sistem untuk build Andrpid Studio yang dapat memungkinakan kamu untuk menyesuikan build yang kamu buat, untuk menghasilkan beberapa variasi build dalam perangakan berbeda namun masih dalam satu project.

6. Realtime profilers

Realtime profilers merupakan sebuah alat profil bawaan yang telah menyediakan statistik waktu nayata seperti untuk CPU, memori, dan aktivitas jaringan aplikasi kamu.

Selain itu berguna juga untuk mengindentifikasi kemacetan pada kinerja aplikasi dengan cara mencatat jejak berbagai metode dan memeriksa tumpukan dan alokasi, serta melihat berbagai muatan jaringan yang masuk dan keluar.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik Untuk Android

Nah dengan begitu kamu sudah mengetahui apa saja fitur yang ada di Android Studio. Selanjutnya bagi kamu yang pemula, mari lanjut ketahap berikutnya dengan mempelajari langkah-langkah berikut:

Langkah-Langkah membuat aplikasi Android dengan Android Studio

  1. Pengenalan OS Android
  2. Cara Install dan Setting Java
  3. Cara Install dan Settings Android Studio versi terbaru
  4. Cara Install SDK Android pertama
  5. Cara membuat Aplikasi emulaor Genymotion
  6. Cara memnjalan Project Android Langsung di smartphone
  7. Cara Menginstall dan Menghubungkan Nox App Player dengan Android Studio
  8. Mengenal Stuktur Project Android Studio
  9. Mengenal Activity dan Intent pada Android Studio
  10. Macam-macam layout dan penerapan pada aplikasi android
  11. Macam-maca Widget Android

Setelah kamu belajar cara dasar-dasarnya, selanjutnya kamu akan belajar cara membuat berbagai macam aplikasi android sederhana.

Berikut beberapa Tutorial cara membuat aplikasi sederhana yang pelajari dengan mudah.

  1. Membuat aplikasi dengan SQLite
  2. Membuat aplikasi Music Player
  3. Membuat Intro Slider aplikasi Android
  4. Membuat aplikasi webview dengan progres bar
  5. Membuat aplikasi Android yang responsive
  6. Membuat aplikasi Stopwatch
  7. Membuat material design Android Studio

Cara membuat aplikasi akan selalu kamu update dengan berjalannya waktu. Dan kami akan menyajikan banyak cara membuat aplikasi kedepannya.

Akhir Kata

Nah itulah Cara membuat aplikasi Android dengan Android Studio secara Otodidak yang bisa kamu pilih dan tentunya harus diiringin dengan praktek.

Masih banyak materik yang bisa dipelajari dalam membuat aplikasi development.

Tunggu update artikel kami selanjutnya.


Like it? Share with your friends!