Banjir Jakarta, Operator Selular optimalkan layanan mereka.

2 min


Banjir Jakarta, Operator optimalkan layanan mereka.

Sebagian besar wilayah Jabodetabek tengah mengalami bencara banjir akibat hujan yang tinggi selama 24 jam kemarin. Namun operator selular tetap mengoptimalkan dan melakukan pengecekan serta perbaikan untuk layanan mereka di tengah kondisi tersebut.

Bencana banjir ini juga membuat pasokan listri di beberapa wilayah Jakarta terkenda sehingga mengakibatkan beberpa fasilita telekomunikasi di sejumlah wilayah terputus.

Misalnya Telkomsel, mereka melakukan optimasi seluruh perangkat pendukung jaringan untuk menstabilkan pasokan daya listrik keseluruh titik dan berbagai alat produksi.

BACA JUGA:  Bocoran Terbaru OnePlus 8 Lite, Smartphone Kelas Menengah Dengan Layar 90Hz

“Terkait banjir yang terjadi di wilayah Jadetabek, saat ini kami tengah menginventarisir jumlah perangkat jaringan yang terdampak.

Kamu berusaha untuk mengoptimalkan seluruh perangkat pendukung untuk menstabilkan pasokan listri kesluruh titik alat komunikasi Telkomsel. Seperti perangkat baterai, dan mobile back up seperti genset yang sudah disagakan secara maksimal ke seluruh titik bencana.

Kami akan terus malakukan monitor kondisi perangkat jaringan dan memastikan bahwa layanan Telkomsel tetap berjalan dan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.

Kami juga berharap banjir yang melanda sejumlah wilayah Jakarta ini dapat segera berakhir.” Ujar Aldin Hasyim, GM External Corporate Communications Telkomsel.

BACA JUGA:  Apple akan hadirkan Mac khusus Gaming untuk kaum Esports

Selain Telkomsel, Indosat Ooredoo juga terkana gangguan masalah pasokan daya listrik yang menyebabkan layanan tak bisa digunakan secara optimal.

“Indosat Ooredoo menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang mengalami kendalaya layanan kami. Terjadi ganguan pemasok daya listrik di beberapa BTS Jabodetabek yang disebabkan karena banjir.

Kami mohon dengan sangat atas kesabaran pelanggan kami dan kami masih berupaya sesegera mungkin untuk memulihkan layanan kami kembali” Ujar Turina Farouk selaku SVP Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Selain kedua Operator tersebut, Smartfreen juga mengaku bahwa terdapat beberapa BTS yang terganggu akan adanya banjir. Namun perusahaan tersebut telah melengkapinya dengan fasilitas jaringan dengan power supply cadangan, sehingga tida berpengaruh terdapat layanannya.

BACA JUGA:  Admin di Grup WhatsApp dapat menghapus pesan secara otomatis

“Terkait banjir yang melanda Jakarta, memang ada beberapa BTS kami yang terkena dampak dari bencana tersebut, seperti pemadaman listri PLN. Namun krena semua site BTS udah dilengkapo dengan power supply cadangan, sehingga tidak berpengaruh terdhadap kualitas layanan kami.

Meski begitu, Smartfren tetap mengarahkan tim teknisi dan memantau di berbagai BTS sejak rabu dini hari ini, dan tetap menyiagakan untuk mengantisipasi sitasi dan kondisi kedepannya,” Ujar Munir Syahda Prabowo, selaku VP Technology Relations dan Spesial Project Smartfren.

Namun operator selular lain seperti XL Axiata nampanya masih aman dan terkenali, para pelanggan masih dapat menggunakan layanan XL Axiata dengan baik.

Meskipun begitu, ada beberapa BTS yang berdampak karena padamnya supply listrik di area-area banjir tersebut, yang tentunya mengurangi kenyamanan para pelanggan dalam berkomunikasi di beberapa wilayah yang kerkena bencan banjir.

Saat ini tim teknisi XL Axiata masih berupaya untuk melakukan penyedian supplay listrik melalui genset untuk memastikan agara beberapa BTS masih bisa beroperasi,” Kata Group Head Corporate Communictaion XL Axiata, Tri wahyiningsih.

Nah itulah berbagai kondisi dari layanan operator selular yang ada di Jakarta saat ini. Semoga bencana banjir cepat berlalu, dan aktivitas segera lancar kembali.

BACA JUGA:  Samsung Galaxy S20 kemunginan meluncur 11 Februari 2020

Like it? Share with your friends!