Arti Barakallah

3 min


arti barakallah

Arti Barakallah bagi umat muslim, kata Barakallah sangat lah familiar dan sering di ucapkan oleh banyak kalangan, baik itu anak-anak, remaja dan orang dewasa.
Terutama bagi mereka yang mengikuti suatu kelompok oraganisasi yang berbau agama Islam. Seperti ekstra kulikuler agama di sekolah, ikut pengajian, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, pengucapan kata Barakallah merupakan doa untuk seseorang supaya diberikan limpahan rahmat dan hidayah dari Allah Swt. dalam segela sesuatu atas kehidupannya.

Namun, kadang kala di antara masih banyak pengucapan Barakallah yang kurang tepat penempatannya, sehingga ucapanya terserat kurang syari dan sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh Rasulallah saw.

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut tentang arti dari kata Barakallah serta artinya.

Arti Barakallah

Baarakallah adalah kalimat yang berasal dari Bahasa Arab, yang terdiri dari dua kata yaitu “Baaraka” dan “Allaah”. Kata “baaraka” artinya adalah berkah, sedangkan “Allah” ialah tetap Allah. Apabila kedua kata tersebut digabungkan, maka artinya bisa bermakna “Semoga Allah Memberkahi”. Selain itu, pengucapan kata atau doa “Barakallah” biasanya diiringi dengan tambahan “fiika”, “fiiki” atau “fiikum”. “Fiika” yang artinya kepada kamu yang merupakan laki-laki, “Fiiki” artinya kepada kamu yang merupakan perempuan, dan “Fiikum” adalah kepada kamu yang merupakan orang banyak.

Selain itu, kamu bisa juga menambahkan ungkapan barakallah dengan kata “laka” untuk kamu seorang laki-laki dan “lakum” untuk kamu seorang perempuan yang merupakan orang banyak seperti yang pernah diucapkan oleh Rasulullah saw. ketika sedang mendoakan pengantin.

Barakallah merupakan kata yang sering di ucapkan oleh para sahabat Nabi saw. Sebagaimana yang telah dikutip oleh Aisyah R.A yang diriwayatkan dalam Imam An-Nasa’i yang berbunyi sebagai berikut.

BACA JUGA:  Arti Syafakillah dan Syafakallah

Yang artinya: “Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulallah saw. Maka beliau memerintahkannya, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut). Dan telah terjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa saja yang telah mereka katakan (setelah kita beri)? Kemudian pelayannya menjawab, “baarakallaah Fiikum (semoga Allah memberkahi kalian). Maka Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallah (semoga Akkah juga memberkahi mereka), kita telah membalas doa mereka dengan doa yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).
Penggunaan kata Barakallah yang Benar
Sering sekali dalam bermasyarakan kita mendengar ucapan “Barakallah” yang artinya adalah mendoakan “Semoga Allah memberkatimu” atau “Semoga engkau diberkahi Allah”

Barakallah berarti sebagai doa yang sering diucapkan ketika berbicara. Namun tidak hanya cukup dengan “Barakallah” saja. Ada beberapa lanjutan yang harus kamu ketahui di antaranya sebagai berikut:

1. Barakallahu Fiik

Barakallahu fiik merupakan ucapan doa yang sangat umum. Mendoakan keberkahan kepada orang yang sedang berkomunikasi dengan kita.
Ucapan ini bisa kamu ucapkan dalam kondisi apapun, baik itu memberikan selamat dan mendoakan seseorang agar diberkahi Allah. Daripada kamu mengucapkan “selamat”, “Barakallahu fiik” tentu lebih baik daripada ucapan tersebut.

Terdapat tiga macam dari ucapan ini, diantaranya untuk laki-laki “Baarakallahu Fikka” sedangkan untuk perempuan “Baarakallahu Fiiki, dan “Barakallahu fiikum” untuk orang banyak, Misalnya untuk mendoakan bagi pengantin dan sebagainya.

2. Barakallahu Lak

Barakallahu Lak adalah ucapan mendoakan keberkahan kepada orang yang sedang berkomunikasi dengan kita, Khususnya atas kenikmatan yang diterimanya atau dimilikinya.

BACA JUGA:  4 Situs Download Wallpaper Anime HD

Para sahabat Nabi saw. juga biasanya mendoakan dengan ucapan “barakallahu lak” ini kepada sahabat lainnya.
Jawaban Barakallah
Setelah kamu mengetahui beberapa jenis dari Doa Barakallah, Selanjutnya kamu akan berpikir, Bagaimana cara kita menanggapi dan menjawabnya?
Karena Barakallah merupakan doa, maka jawabannya cukup dengan mengucapkan “Amin” atau “Amin ya Rab” saja.

Selain itu, kamu juga bisa membalik doanya, Misalnya “Wafiika Baarakallah” yang artinya “Dan semoga Allah juga memberkahimu”
Sedangkan, jika yang mendoakan adalah perempuan, jawabanya adalah “Wafiiki Baarakallah” yang artinya sama “Dan Semoga Allah juga memberkahimu”
Adapun jika yang mendoakan merupakan orang banyak dan kamu tidak bisa menjawabnya satu persatu, kamu bisa menjawabnya dengan “Wafiikum Baarakallah” yang artinya “Dan semoga Allah juga memberkahi kalian semua”.

Waktu yang tepat untuk mengucapkan Barakallah

  1. Ulang Tahun

Ulang tahun merupakan waktu yang sangat pas untuk mengucapkan kalimat Barakallah, Karena saat tersebut adalah waktu bertambahnya usia, dan semakin pendek juga waktu hidunya,
Memberikan doa untuknya dengan kalimat “Barakallah” akan memberikan doa kepadanya agar selalu mendapatkan berkah kehidupan yang mulia kepada Allah Swt.
Dalam bertambahnya umur, pasti ada dua perasaan yang kamu rasakan, pertama senang karna kamu akan bertambah dewasa kemudian kamu akan meras sedih karna hidup kamu semakin berkurang. Maka dengan kalimat doa tersebut, Allah Swt. akan menghilangkan kesedihan tersebut.

2. Pernikahan

Pernikahan adalah acara yang sangat bersejarah bagi sebagian orang yang memulai untuk beribadah Rumah Tangga. Pernikahan juga merupakan ibadah yang sangat besar pahalanya. Sekaligus momen yang membagiakan bagi pengantinnya. Untuk menyikapi hal ini, kamu bisa mengucapkan kalimat “Barakallahu Fiikum” kepada mereka agar memperlancar dan diberi keberkahan atas pernikahan serta kehidupan rumah tangganya.

BACA JUGA:  5 Alasan Kenapa Telegram X Bisa Menjadi Alternatif WhatsApp

3. Orang Muallaf

Orang Muallaf merupakan orang yang baru masuk Islam. Mereka sangatlah pantas untuk mendapatkan doa dari kita sesama muslim, agar dia mendapatkan ridha dan berkah dari Allah Swt. Perjuangan seorang Mualaf sangatlah besar, dan haru membutuhkan bantuan serta dorongan dari kita agar ia tetap istiqamah dijalannya, serta senantiasa untuk selalu taat dalam beribadah pada Allah Swt.

4. Ketika Mendengar kabar ada yang Melahirkan

Ketika salah satu dari teman, kerabat atau tetangga kamu yang melahirkan, Hendaklah kamu memberikan doa agar sang anak dan ibu yang melahirkan diberi keselamatan dan keberkahan oleh Allah Swt.

5. Orang yang mendapatkan Kesuksesan dan Keberhasilan

Kesuksesan dan Keberhasilan merupakan suatu pencapaian yang tidak mudah. Bagi siapapun yang mendapatkannya tentu saja akan merasakan senang sekaligus bangga atas apa yang sudah diraihnya.
Alangkah baiknya kita sebagai teman atau kerabat dekatnya memberikan doa bagi mereka dengan mengucapkan “Barakallah”, agar kesuksesan dan perjuangan orang tersebut diberkahi oleh Allah Swt. serta mendapatkan ridhanya.

Akhir Kata

Demikianlah doa yang bisa kamu ucapkan kepada keluarga, teman, kerabat, dan saudara muslim kita yang tengah merasakan masa-masa bahagia.
Walaupun kita terkadang bingung bagaimana cara kita memberikan doa yang terbaik menurut agama, akan tetapi dengan cara ini kita akan sama-sama membawa benih-benih islami agar kita mendapatkan berkah serta pahala dari Allah Swt.

Barakallah menjadi pilihan doa yang tepat bagi kita untuk mengucapkan selamat pada rekan-rekan kita. Selain dengan cara pengucapannya yang mudah, Barakallah juga mempunyai banyak makna yang baik serta bermanfaat. Barrakallah!!

Baca juga: Arti Syafakillah dan Syafakallah


Like it? Share with your friends!