Apa itu IP Address? Berikut pengertiannya

2 min


Apa itu IP Address?

IP Address atau yang biasa dikenal dengan istilah Internet Protocol sangat memiliki kaitan yang sangat erat dengan penggunaan jaringan internet. Singatnya, IP merupakan sebuah deretan angka binner yang tersusun antara angka 32 bit sampai 128 bit yang digunakan sebagai alamat host dari setiap komputer yang ada di dalam jaringan internet.

Lebih tepatnya, IP sering dijadikan sebagai identitas perangkat komputer yang terdiri dari deretan angka binner. Contohnya saja seperti angka 32 bit yang sering dipergunakan untuk alamat dari IP Address IPv4 dan angka 128 bit sering dipergunakan untuk alamat dari IP Address IPv6 dalam menunjukkan alamat dari sebuah perangkat komputer pada jaringan berbasis TCP/IP.

Tidak hanya jaringan internet saja, IP juga sangat erat kaitannya dengan DHCP maupun DNS Server. Biasanya klient akan menerima jaringan internet dari alamat IP secara otomatis pada DCHP. Sementara pada DNS Server alamat IP akan berfungsi sebagai tempat penyettingan pada IPv4.

Apa itu IP Address?

IP Address merupakan sebuah identitas host dari perangkat komputer dengen deretan angka binner yang unik. Deretan angka binner unik yang dimaksudkan tersebut adalah untuk membedakan satu perangkat komputer dengan perangkat komputer yang lainnya. Karena setiap perangkat komputer akan memiliki IP Address yang berbeda-beda.

Fungsi IP Address

Fungsi utama dari IP Address adalah untuk mengidentifikasi identitas dari sebuah perangkat komputer. Dengan menggunakan metode penggunaan nama unik tersebut akan sangat mudah tentunya untuk mengenali siapa seseorang yang menggunakan perangkat komputer tersebut. Hal ini disebabkan karena IP Address dipergunakan sebagai identitas unik untuk mengenali suatu perangkat komputer.

BACA JUGA:  Update terbaru Google Assistant bisa bacakan teks panjang.

Jenis-jenis IP Address

Berdasarkan jenisnya, IP Address sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu IPv4 dan juga IPv6. Berikut penjelasan lengkap dari kedua jenis IP Address tersebut.

IPv4

IPv4 merupakan internet protocol yang biasanya terdiri dari 32 bit dan mampu menampung lebih dari 4.294.967.298 host dari seluruh penjuru sunia. IPv4 merupakan versi lama dari sebuah alamat IP yang kini sangat jarang sekali digunakan oleh orang-orang.

IPv6

IPv6 merupakan internet protocol yang biasanya dipergunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan internet. Jika IPv4 memiliki host yang sangat terbatas, maka IPv6 berbanding terbalik dengan IPv4. IPv6 diciptakan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada IPv4. IPv6 dapat menampung host dari alamat IPv4 hingga beratus kali lipat.

IPv6 diciptakan dengan menggunakan sistem 128 bit dalam sistem perangkat komputer. Alamat IP jenis ini dapat menampung host dari hasil perangkat 4 alamat IPv4. Jika dicari maka akan mendapatkan hasil 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.2.

Tentunya versi terbaru ini sangat jauh lebih baik daripada versi sebelumnya.

BACA JUGA:  Tanpa Notch, Huawei P40 Pro bakal hadir Maret mendatang

Arti subnetmask dalam IP Address

Subnetmask merupakan deretan angka binner 32 bit yang dipergunakan untuk memberikan perbedaan antara Network ID dan juga Host ID untuk menunjukkan letak suatu host.

Biasanya, Subnetmask akan otomatis dibuat berdasarkan kelas-kelas dari alamat IP Address di dalam jaringan TCP/IP. Subnetmask identik akan selalunya digunakan dalam bentuk dotted decimal notation atau notasi desimal bertitik.

Arti gateway dalam IP Address

Gerbang jaringan atau yang biasanya lebih dikenal dengan istilah Gateway merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang memiliki fungsi untuk menghubungkan lebih dari satu jaringan komputer dengan alamat protocol yang berbeda menjadi satu jaringan yang sama.

Alhasil, perangkat komputer dengan alamat IP yang berbeda dapat terhubung dalam satu jaringan yang sama dan dapat saling berbagi informasi.

Akhir Kata

Nah Itulah sekilas pembahasan tentang apa itu IP Address. Semoga dengan pembahasan ini kamu makin pintar teknologi dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:  Bocoran spesifikasi Realme X50 5G

Like it? Share with your friends!