AMD Pastikan Arsitektur Zen 3 Akan Hadir Akhir 2020

0
11
amd ryzen zen 3

AMD dikabarkan tengah mengembangkan jajaran proseor terbaru mereka yang akan hadir dengan arsitektur Ryzen Zen 3. Kabarnya mereka merombak besar Ryzen Zen 3 dengan menggunakan arsitektur prosesor 7nm.

Banyak pakar teknologi yang memperkirakan bahwa AMD tidak tidak akan mengenalkan prosesor tersebut setidaknya hingga 2010 nanti. Namun dalam sebuah bocoran mengatakan bahwa perusahaan asal Amerika tersebut akan memperkenalkan Ryzen 4000 Series pada akhir tahun 2020 mendatang.

Line up pada AMD Ryzen 4000 sendiri menggunakan teknologi dengan fabrikasi 7nm + Zen 3 yang telah di sempurnakan. Prosesor tersebut di klaim akan meningkatkan efisiensi prosesor berbasis Zen 3 sekaligus meningkatkan kepadatan transistor secara keseluruhan.

Baca juga: Benarkah Teknologi 5G China Lebih Maju Dari Amerika?

Hal ini juga memungkinkan AMD untuk mendapatkan peningkatan IPC yang sangat signifikan, seperti kecepatan clock speed yang meningkat dan jumlah core yang akan lebih banyak.

Selain mempekenalkan Prosesor Desktop, AMD juga akan memperkenalkan motherboard seri 600 mereka. AMD di kabarkan telah meluncurkan chipset X670 yang akan menggantikan X570 PCH.

amd x670

AMD X670 PCH ini akan mempertahankan socket AM4 dan fitur dengan dukungan PCIe Gen 4.0 yang ditingkatkan. Terutama peningkatan pada sektor I/O yang berfokus untuk menambah port M.2, SATA dan USB 3.2.

AMD X670 dikabarkan akan menjadi generasi terakhir untuk platfrom socket AM4 pada prosesor AMD Ryzen. Hal ini di karenakan AMD memiliki rencan untuk mengakhiri socket AM4 sesuai janji mereka 3 tahun lalu.

Pada tahun 2020 socket tesebut akan berumur 4 tahun dan menjadikan socket ini sebagai socket terlama yang pernah di ciptakan AMD.

Semoga kedepannya, penerus AM4 akan memperkenalkan banyak teknologi baru lainya, seperti dukungan RAM DDR5 dan PCIe 5.0

Baca juga: GPU AMD Ryzen APU “Renoir” Akan Berjalan di 1,75 Ghz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here