7 Tips Saat Mendaki di Musim Hujan

2 min


mendaki saat musim hujan

Sebagai pendaki kita harus paham betul dengan yang namanya musim. Terutama ketika musim hujan. Perjalanan untuk mendaki tidak akan mudah seperti biasanya. Kadang kala kita harus memerlukan persiapan lebih dibanding mendaki pada saat cuaca sedang baik.

Memang mendaki bisa kamu rencanakan waktunya, kamu bisa memilih ketika cuaca sedang mendukung. Namun apabila ketika kita sudah sampai di tepi gunung dan siap untuk mendaki dan tiba-tiba saja hujan turun. Alahkah baiknya kita mengetahui Tips mendaki ketika musim penghujan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Untuk Menikmati Tahun Baru Di Bandung

Mendaki di Musim Hujan

Tips Mendaki Saat Musim Hujan

Lalu apa saja yang harus disiapkan ketika mendaki di musim penghujan? Berikut kita akan sampai beberapa tips buat kamu agar tetap aman, nyaman dan tentunya selamat selama pendakian.

1. Menjaga Kondisi Tubuh

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat ketika mendaki, maka kamu harus menjaga tubuh kamu agar tetap prima. Sebelum bepergian untuk mendaki, pertama lakukan olahraga ringan seperti lari pagi atau berenang. Hal ini bertujuan agar tubuh kamu tetap fit saat melakukan pendakian.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Tempat Wisata Malang Yang Wajib Dikunjungi

2. Persiapkan Alat P3K

Selain menjaga kesehatan tubuh, kamu juga harus mempersiapkan peralatan P3K, karena di musim hujan tubuh akan rentan terkena penyakit, bisa saja kamu akan mendadak masuk angin, sakit kepala, atau cidera luka ringan saat melakukan pendakian.

P3K tentunya akan menjadi pertolongan pertama bagi kamu untuk mengatasi masalah berikut. Selain itu mengantisipasi adalah langkah terbaik yang bisa kamu lakukan.

3. Persiapkan Peralatan yang cukup

Sebelum mendaki pastikan kamu harus membawa peralatan yang cukup, dimulai dari tas, sepatu, jas hujan, jaket dan yang lainya. Pastikan untuk mengecek satu persatu sehingga ketika dibutuhkan kamu tidak merasa panik dan tentunya akan memberikan jaminan keselamatan ketika mendaki.

4. Pilihlah Gunung Yang memiliki kesulitan yang rendah

Saat musim hujan, tentunya keselamatan adalah pioritas utama untuk para pendaki. Sebelum itu, pastikan bahwa gunung yang akan kamu tuju tidak mempunyai medan yang sulit. Memilih gunung dengan tingkat kesulitan yang rendah merupakan pilihan terbaik saat musim penghujan.
Beberapa gunung yang direkomendasikan adalah Gunung Prau selain jarak yang ditempuh tidak begitu sulit, kamu juga bisa mendaki gunung hanya dalam waktu satu hari saja.

BACA JUGA:  4 Tempat Wisata Bogor Terbaik

4. Update Tentang Info Cuaca

Sebelum bepergian, kamu juga harus tau info perihal cuaca. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan ketika mendaki. Tentu saja kamu harus mengetahui soal cuaca dan cara menyikapi perubahannya. Cuaca menjadi point utama yang sangat penting sebelum kamu melakukan pendakian

5. Pelajari Jalur Gunung yang Akan kamu tuju

Setelah kamu siap dengan beberapa point di atas, langkah selanjutnya adalah mempelajari jalur gunung yang akan kamu gunakan. Seperti medan trekking, tingkat kesulitannya. Misalnya, kamu memilih untuk mendaki gunung prau, pastikan sebelum berangkat kamu harus tau seluk beluk dari jalur yang kamu pilih untuk sampai ke puncak gunung prau.

6. Memastikan barang bawaan aman terkendali

Setelah kamu menyiapkan barang bawaan yang telah dibahas point dua dan tiga di atas. Pastikan barang bawaan tersebut aman dan terkendali. Sebelum berangkat cek kembali barang yang sudah kamu kemas.

Selain itu, sorting di barang tersebut sesuai dengan kegunaannya, pastikan barang yang sering kamu gunakan di taruh di atas, sedangkan barang yang jarang digunakan ditaruh dibawah. Hal ini tentunya sangat efektif ketika sedang melakukan perjalanan.

BACA JUGA:  6 Tips berlibur murah ke Luar Negeri

7. Gunakan pengaman

Pengaman yang dimaksud adala Ponco atau jas hujan, barang ini wajib kamu bawa ketika mendaki di musim penghujan, selain jas hujan kamu juga wajib membawa perlengkapan lain seperti center dan geater.
Sedangkan untuk menjaga kaki dari area gunung yang licin karena air hujan, kamu wajib memakau sepatu boot.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa tips bagi kamu yang merencanakan pendakian saat musim hujan. Namun jika cuaca tidak memungkinkan jangan sesekali memaksakan kehendak. Lebih baik kamu kembali ke pos dari pada melanjutkan mendaki demi keselamatan kamu juga.
Jangan memaksakan. Karena tujuan utama mendaki hanyalah menyalurkan hobby dan olahraga saja.
Keselamatan adalah points utama, yang terpenting kamu bisa sampai kerumah dengan aman.

Baca juga: Puncak Mustika Manik, Wisata Populer Dari Bogor


Like it? Share with your friends!