5 Tips merawat baterai smartphone

2 min


Tips merawat baterai smartphone

Baterai smartphone merupakan komponen yang penting sebagai penunjang kinerja smartphone untuk di gunakan sehari-hari. Oleh karena itu menjaganya supaya awet dan tahan lama merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pengguna smartphone.

Namun, sepertinya banyak dari kita yang belum terlalu mengerti cara merawat baterai smartphone yang tepat, terlebih lagi saat kamu mengisi baterai saat dayanya mulai habis setelah di gunakan. Di bawah ini telah di rangkum tips-tips yang harus kamu tau saat mengisi daya bateraimu supaya bisa lebih lama di gunakan.

1. Gunakan charger bawaan HP

Kamu sering meminjam charger HP teman kamu? Karena charger HP mu ketinggalan? Sebaiknya kamu meninggalkan kebiasaan ini. Walaupun charger tersebut bisa di gunakan di HP mu.

Tapi, arus daya yang di keluarkan charger tersebut bisa saja berbeda misalkan cuma 1 Ampere dan HP mu memerlukan arus hingga 2 Ampere. Hal itu bisa mempengaruhi kinerja baterai kamu. Oleh karena itu sebaiknya kamu selalu bawa charger bawaan HP kamu kemanapun kamu pergi.

BACA JUGA:  Mau awet? Baca 5 tips mudah cara merawat smartphone

2. Gunakan power bank seperlunya saja

Power bank memang adalah benda yang sangat penting bagi smartphone, karena saat kita sedang berpergian dan jauh dari sumber listrik. power bank bisa di gunakan untuk mengisi daya baterai smartphone saat daya mulai menipis.

Namun, apakah kamu tau kalau menggunakan power bank juga bisa membuat baterai smartphone mu cepat rusak?.

Karena saat di gunakan untuk mengisi daya baterai, power bank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil sesuai spesifikasi smartphone, dan juga kemungkinan besar meledaknya smartphone yang sering terjadi karena power bank yang tidak sesuai karena kualitas yang abal-abal.

Sebaiknya kalau ada colokan listrik di dekatmu lebih baik gunakan saja di bandingkan menggunakan power bank.

3. Jangan menunggu baterai nge-drop

Kebiasaan pengguna yang menggunakan smartphone sampai baterainya benar-benar habis dan baru mengisi dari 0% adalah suatu kesalahan yang bisa merusak baterai secara perlahan. Sebaiknya kamu mengisinya saat baterai telah mencapai 20%. Hal ini bisa menjaga umur baterai lebih awet.

BACA JUGA:  3 Tips aman sebelum membeli smartphone

4. Jangan mengisi Baterai sampai penuh

Saat kamu mengisi daya baterai sebaiknya jangan mengisinya sampai full atau 100% Cukup sampai sekitar 80% kamu bisa mencabut smartphone dari colokan listrik.

Untuk mencegah penurunan kapasitas baterai karena siklus tegangan semakin meningkat saat baterai mengisi daya sampai penuh.

Oleh karena mulai saat ini kamu tidak perlu menunggu daya baterai saat mengisinya sampai penuh untuk menggunakannya lagi, karena hal itu bisa merusak baterai smartphone kamu.

5. Jangan menggunakan Port USB pada Komputer

Kalau kamu sering menggunakan laptop atau komputer, tentunya sering menggunakan port USB yang ada di samping kiri atau kanan untuk mengisi daya baterai HP kamu. Sebaiknya jangan deh lagi menggunakan kalau tidak sedang mentransfer data atau tidak ada listrik untuk mengisi baterai smartphone.

Hal itu karena kecilnya arus daya yang di keluarkan dari port USB ke smartphone mu sekitar 1 Ampere.

Dengan kecilnya arus daya membuat mengisi daya HP mu menjadi sangat lama di bandingkan mengisi dari colokan listrik dan hal itu mempengaruhi dan menurunkan kualitas baterai HP menjadikannya tidak tahan lama.

BACA JUGA:  5 Tips berhijab cuaca terik, Biar gak gerah dan berkeringat

Akhir Kata

Itulah hal-hal yang bisa menjaga kesehatan baterai smartphone supaya lebih awet dan tahan lama apalagi dengan berkembangnya bentuk baterai yang tidak bisa di lepas di model smartphone keluaran terbaru membuat kita harus ekstra menjaga baterai smartphone dari kemungkinan rusak. Baca juga Tips lainnya ya


Like it? Share with your friends!