5 Penyebab Masalah Kulit Kering

1 min


Mengatasi Kulit Kering dan penyebab masalah kulit kering

Kulit kering atau nama ilmiahnya xerois bisa terjadi siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan usia, Masalah ini memiliki tingkatan yang berbeda tergantung dengan kondisi kesehatan, tempat tinggal dan faktor usia.

Penyebab kulit kering biasanya terjadi karena kekurangan cairan pada lapisan laping luar kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada lengan, tangan, wajah dan kaki.

Pada sebagian orang, kulit kering bisa di alami sepanjang hidup mereka. Namun sebagian lagi kondisi ini hanya berlangsung sementara dan hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Banyak gejala yang bisa kamu rasakan saat terkena masalah kulit kering, namun pada umumnya kulit akan terlihat kasar, Selain itu kulit juga akan terasa kencang dan kaku ketika kamu mandi atau berenang.

Gejala lainnya kamu akan mendapatkan retakan pada gari-garis halus di kulit. Kulit kamu juga mungkin akan mengelupas. Ini merupakan kondisi parah dan harus segara di tangani.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengatasi Kuku Menguning

Lalu Apa Penyebab Masalah Kulit Kering ?

1. Iritasi

Iritasi biasanya terjadi oleh banyak hal, mulai dari sabun atau parfum. Lalu iritasi pada kulit bisa juga di sebabkan oleh bahan kimia seperti deterjen dan pelembut kain, pekerjaan sehari-hari seperti mencuci baju dan lain sebagainya.

2. Bertambah usia

Semakin bertambahnya usia, maka semakin tipis dan semakin kering kondisi kulit seseorang, hal ini wajar terjadi, mengingat kamu semakin tua dan hormon yang di produksi oleh tubuh semakin berkurang. Penurunan hormon-hormon inilah yang menyebabkan masalah pada kesehatan kulit

3. Pemakaian sabun yang tidak cocok

Memakai sabun yang tidak cocok untuk kulit tentu saja akan berbahaya untuk kesehatan kulit. Hal ini akan membuat kulit kamu terkikis sehingga akan mengakibatkan kulit kering. Selain itu sabun dengan formulasi kuat seperti antiseptik akan meningkatkan risiko terkena masalah terjadinya kulit kering.

4. Mandi uap

Mandi uap memang bisa memberikan sensasi nyaman pada saat kamu mandi, namun bisa menyebabkan masalah kulit kering, Hal ini terjadi karena temperatur yang panas dan membuat minyak alami pada kulit akan mengering

5. Mengosok Kulit

Mungkin ini adalah kegiatan yang sering kamu lakukan untuk membersihkan kulit. Namun mengosok kulit dapat menyebabkan masalah kulit kering. Apalagi dilakukan dengan alat gosok seperti kain atau spons, gesekan yang di akibatkan alat tersebut akan membuat lapisan kulit rusak sehingga dapat menyebabkan masalah kulit kering.

Akhir Kata

Nah itulah penyebab masalah kulit kering, semoga dengan adanya artikel bisa membantu kamu agar terhindar dari masalah kulit kering. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Ketombe


Like it? Share with your friends!