5 Cara Mengatasi Android Lemot

2 min


Cara Mengatasi Android Lemot

Di zaman modern ini, hampir semua orang mempunya smartphone, baik itu yang memiliki sistem operasi android maupun iOS. Dengan smartphone kamu bisa melakukan berbagai hal, diantaranya mengecek pesan atau email, browsing di internet, fotografi, mendengarkan musik, bermain game, dan banyak lagi.

Namun dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan oleh smartphone Android, jika lama kelamaan maka kinerjanya akan semakin lemot.

Misalnya, ketika kamu sedang menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan, maka kinerja yang didapatkan akan melambat, sebab selain mengandalkan prosesor, kapasitas RAM dapat berpengaruh akan hal ini. Jika performa melambat, maka hal tersebut akan kenyamanan interface kamu. Lalu apakah harus mengganti perangkat Android dengan yang baru ?

Tentu saja tidak, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk Mengatasi Android Lemot, na beriku cara serta tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Android Lemot

1. Bijak dalam menginstal aplikasi

Setiap smartphone Android biasanya memiliki kapasitas memori yang berbeda. RAM adalah hal yang sangat penting akan performa multitasking pada android, namun jika kamu menginstall aplikasi secara berlebihan dan mengakibatkan memori penuh, maka smartphone kamu akan melambat. Cara menghindarinya tentu saja dengan bijak dalam menginstall aplikasi, Install aplikasi seperlunya saja, dan hapus aplikasi yang tidak berguna

2. Jangan gunakan antivirus

Kenapa?, pasalnya jaman sekarang ini banyak para developer yang menanamkan antivirus pada smartphone, jika kamu hanya menggunakan smartphone untuk multimedia saja, dan hanya keperluan untuk sosial media lain, maka jangan menggunakan antivirus, Android sendiri sudah menyediakan antivirus dalam paketnya, dan jika kamu memakai antivirus tambahan, bukan hanya memperlambat kinerja saja, pasalnya antivirus dirancang untuk berjalan pada latar belakang (background) atau mungkin smartphone kamu kedapatan virus yang disebabkan oleh aplikasi tersebut sehingga menyebabkan performa lemot.

3. Pastikan agar software selalu terupdate

Setiap smartphone pasti mempunyai fitur update, jika kamu mendapati pemberitahuan update software, maka segeralah update. Update bertujuan untuk memperbaiki masalah yang terdapat pada sistem android sebelumnya.

4. Kurangi penggunaan widget pada homescreen

Widget memang memiliki banyak fungsi, selain akses cepat agar bisa langsung memantau berbagai aplikasi, widget juga memiliki banyak fungsi, seperti hal nya memperindah tampilan homescreen.
Namun, kendati begitu, widget dapat memperlambat Android kamu, pasalnya selain membuat smartphone terlihat cantik, widget dapat mengkonsumsi banyak ram, dampaknya android kamu akan lemot.

5. Rajinlah membersihkan Cache pada smartphone

Cache adalah tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi yang kita gunakan, Cache sejatinya berfungsi untuk mempercepat proses pengolahan data, setelah aplikasi itu kita buka kembali. Namun dibalik manfaatnya tersebut. Jika aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan atau terhapus, maka cache akan menumpuk. Untuk mengatasinya dengan menghapus cache kamu dapat mengembalikan performa android, agar tidak lemot.

Akhir Kata

Nah itulah cara untuk mengatasi smartphone android kamu yang lemot. Semoga dengan cara tersebut bisa mengatasi masalah yang kamu alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga: 4 Cara Memperbaiki SD Card Error, Rusak atau Tidak Terbaca


Like it? Share with your friends!