4 Cara Untuk Menurunkan Demam Pada Anak

2 min


Demam pada Anak

Banyak hal yang dapat menyebabkan demam, Demam sangat dominan terjadi pada anak, baik itu sehat maupun sedang sakit. Untuk orang sehat demam bukanlah masalah yang serius. Demam sendiri merupakan suatu gejala yang dimana tubuh sedang bekerja untuk melawan infeksi yang menyerang sang anak.

Tidak semua demam harus diobati langsung oleh dokter. Banyak demam yang bisa kamu obati dirumah saja. Namun sebagai catatan ini hanya demam ringan saja, jika demam tinggi dan temperatur anak nampak aneh segeralah panggil dokter untuk menanganinya.

Apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi demam pada anak?

Seseorang bisa di katakan demam jika suhu dalam tubuh mereka mencapat angka di atas 37 derajat celcius. Suhu tersebut biasanya naik turun ketika mengalami demam.
Kadang orang yang mengalami demam bisa menggil di malam hari karena suhu tubuh yang naik. Hal ini tentu saja akan membuat sang anak tidak dapat tidur dengan nyenyak.
Kondisi inilah yang banyak di khawatirkan oleh kebanyakan orang tua.

Namun, tenang saja. Saat anak kamu mengalami demam, seorang ibu bisa mengambil tindakan pertama sebagai upaya untuk menurunkan demam sang anak.
Beberapa jenis demam bisa disembuhkan di rumah saja tanpa perlu membawanya ke dokter

Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi demam anak dengan hanya di rumah saja.

1. Kompres Anak dengan Air Hangat

Demam Anak

Cara ini mungkin sudah umum dilakukan oleh orang tua. Mengkonpres dengan air hangat dapat menurunkan demam pada anak namun hanya untuk sementara. Cara ini bisa saja berhasil membuat anak sembuh, namun bisa juga tidak sama sekali dapat menurunkan demam pada beberapa anak.

Baca juga: 3 Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Gigi

2. Mandikan Anak dengan Air Hangat

mandi anak

Memandikan anak dengan air hangat sangat efektif untuk mempercepat menurunkan demam. Mandikanlah anak dengan air hangat atau hanya bisa juga dengan cara mengelapnya saja.
Air hangat berfungsi untuk mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh menurun.

Baca juga: 4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

3. Minum air putih secara teratur

minum air putih

Minum air putih akan membantu kamu untuk menurunkan panas dalam tubuh. Selain itu air dapat mencegah anak dari kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi). Karena demam dapat menyebabkan kehilangan banyak cairan.

Selain membutuhkan air yang banyak, Anak juga harus dihindarkan dari minuman yang mengandung kafein dan soda. Karena minuman ini akan membuat anak lebih sering mengeluarkan air kecil sehingga risiko dehidrasi akan semakin besar.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengatasi Saraf Leher Terjepit

4. Minum Teh Herbal

teh herbal

Minumlah teh herbal seperti teh jahe, chamomile, yarrow, dan teh herbal lemon balm. Teh herbal berikut dapat bermanfaat untuk memberi efek tenang dan juga dapat meicu tubuh untuk mengeluarkan keringat. Cara ini bisa digunakan untuk anak ataupun orang dewasa. Dengan keluarnya banyak keringat akan membantu untuk menurunkan suhu panas dalam tubuh sehingga demam akan cepat sembuh.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengatasi Kuku Menguning

Akhir Kata

Nah, demian cara untuk mengatasi masalah demam pada anak, serta menurunnya dengan cepat. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkan. Semoga cepat sembuh sang buah hati.


Like it? Share with your friends!