4 Cara Memperbaiki SD Card Error, Rusak atau Tidak Terbaca

1 min


Memperbaiki SD Card Error, Rusak atau Tidak Terbaca

SD Card adalah salah satu hardware yang berperan penting dalam menyimpan data. Walaupun jaman sekarang smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan internal storage yang besar. Namun masih banyak pengguna yang masih memakai SD Card pada smartphonenya.

SD Card akan mengalami kerusakan seiring dengan banyaknya penggunaan. Masalah yang sering terjadi biasanya adalah SD Card tidak terbaca, atau yang lebih parahnya lagi adalah rusak.

Cara Meperbaiki SD Card Error, Rusak atau tidak terbaca

1. Membersihkan SD Card

Dengan membersihkan kartu memori atau sd card, adalah langkah utama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sd card yang tidak terbaca. Kamu bisa memulainya dengan cara membersihkannya secara langsung dengan menggunakan alat bantuan seperti penghapus pensil yang berwarna putih.

Kemudian gosokan penghapus tersebut pada bagian tembaganya. Jika dirasa sudah bersih, selanjutnya masukan kembali dan periksa apakah sd card tersebut sudah normal apa tidak.

2. Format SD Card

Jika kamu mendapati sd card yang sering error, kamu juga bisa mengatasinya dengan memformat sd card, sehingga menjadi baru lagi.
Cara ini bisa gunakan saat sd card error saat menyimpan file. Caranya dengan masuk ke Pengaturan lalu pilih Storage dan pilih Erase SD Card.

3. Cek SD Card pada Smartphone lain

Biasanya kerusakan SD Card tidak bisa terbaca bukan hanya disebabkan oleh SD Card saja, bisa saja kerusakan tersebut disebabkan oleh slot sd card pada smartphone yang rusak. Cara dengan mencabut SD card kemudian masukan pada smartphone lain. Cek apakah kerusakan terjadi disebabkan karena SD Card atau karena komponen hp kamu yang rusak.

Jika ketiga cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah sd card tidak terbaca, kamu juga bisa menggunakan bantuan pc atau laptop untuk mengatasinya.

4. Cek SD Card melalui PC atau Laptop

Cara ini dilakukan ketika SD Card kamu tidak terbaca pada smartphone. Selain mengecek kerusakan, cara ini juga dapat memperbaiki masalah SD Card yang tidak bisa di format melalui smartphone.

  1. Pertama hubungkan smartphone ke komputer dengan menggunakan kabel data.
  2. Pastikan smartphone sudah terhubung, lalu ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke dalam mode Mass Storage Mode (MSC)
  3. Kemudian buka Windows Explorer dan klik kanan pada SD Card. Pilih Properties > Tools > Error Cecking. Tunggu hingga proses selesai secara otomatis
  4. Jika sudah selesai, Klik Eject kemudian cek apakah SD Card sudah normal atau tidak.

Akhir Kata

Nah itulah cara untuk memperbaiki SD Card yang tidak terbaca atau rusak. Semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga: Cara Menjadikan Android Sebagai Mouse dan Keyboard


Like it? Share with your friends!