3 Cara Screenshot Pada Smartphone OPPO

1 min


3 Cara Screenshot Pada Smartphone OPPO

Screenshot adalah sebuah fitur mengambil gambar berupa aktivitas pada smartphone. Fitur ini tersedia pada semua smartphone. Dengan adanya fitur ini kamu dapat dengan mudah untuk mengabadikan aktivitas dalam smartphone ke dalam sebuah gambar.

Akan tetapi, tidak semua orang tahu cara menggunakan fitur screenshot tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cepat dan mudah untuk menangkap aktivitas gambar pada smartphone oppo.

Pada smartphone terdapat tiga cara untuk melakukan screenshot. Yang paling menarik adalah long screenshot atau screenshot panjang. Simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Melakukan Screenshot Pada Semua Smartphone OPPO

1. Tekan tombol power + Volume down

Cara ini merupakan cara paling umum yang terdapat hampir pada semua jenis smartphone. Selain itu cara ini adalah cara paling mudah dan sederhana.

Caranya: Pastikan terlebih dahulu tampilan mana yang akan kamu tangkap gambarnya. Jika kamu sudah menemukan gambar yang cocok dan ingin melakukan screenshot. Tekan tombol power serta dibarengi dengan tombol volume down. Sistem pada smartphone oppo kamu akan merespon lalu kemudian melakukan screenshot.

2. Menggunakan tiga jari

Cara ini merupakan cara paling simple dan sangat mudah untuk dilakukan, untuk melakukannya kamu cukup usap layar menggunakan tiga jari dari atas ke bawah. Kemudian dengan sendirinya sistem akan menangkap gambar dan menyimpannya. Selain itupada saat gambar tertangkap kamu juga akan mendapati tiga fitur lainnya, diantaranya Send, Edit, dan Long Screenshot.

3. Screenshot dengan menggunakan aplikasi

Selain kamu dapat melakukan screenshot dengan dua cara di atas, kamu juga dapat melakukan screenshot dengan aplikasi pihak ketiga yang tersedia gratis di playstore.
Cara ini diperuntukan bagi kamu yang tombol power atau volumenya rusak atau error sehingga tidak dapat melakukan screenshot. Nah berikut beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan untuk melakukan screenshot.

Screenshot Touch

Screenshot Touch merupakan aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store. Dengan aplikasi ini kamu dapat melakukan screenshot pada umumnya, Selain itu cara penggunaanya pun sangat mudah, setelah kamu install dan membukanya, kamu akan langsung paham untuk melakukan screenshot dengan aplikasi tersebut.

Screenshot X

Saran kami yang kedua adalah Screenshot X. Merupakan aplikasi yang sama-sama gratis di Play Store, Aplikasi ini merupakan alternatif kedua bagi kamu yang tombol power dan volumenya rusak.

Selain itu, Untuk melihat gambar hasil screenshot kamu, kamu dapat melihatnya langsung pada menu Gallery, atau pada folder /DCIM/Screenshot.

Akhir Kata

Nah, itulah cara mudah untuk melakukan screenshot pada smartphone OPPO. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk melakukan tangkapan gambar pada hp OPPO. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga: 2 Tahap Mudah Memperbarui ColorOS di OPPO


Like it? Share with your friends!