3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Ketombe

2 min


3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Ketombe

Kotombe biasanya muncul dan menggangu kenyamanan serta kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan.

Ketombe akan muncul saat terjadinya pengelupasn sel kulit mati di kepala. Salah satu faktor keluhan yang bisa kamu rasakan adalah terlihatnya serpihan rambut putih pada rambut.

Selain itu berbagai faktor juga bisa meningkatkan resiko munculnya ketombe diantaranya adalah tidak terjaganya kebersihan kulit kepala dan rambut, kulit kepala yang kering, serta penggunaan produk perawatan yang tidak cocok, hingga infeksi yang disebabkan oleh jamur.

Selain serpihan berwarna putih yang mengganggu dirambut, ketombe juga bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Rasa gatal itulah yang membuat penderita tidak nyaman dan akhirnya menggaruk kepala dan jika terlalu sering akan membuat kepalu terluka, bedarah, bernanah dan bahkan rentan terhadap infeksi.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengatasi Saraf Leher Terjepit

Cara mudah mengatasi Masalah Ketombe

Karena itu, sebelum masalah ini berlanjut, alangkah baiknya kita melakukan pencegahan demi terhindar dari masalah-masalah yang akan ditimbulkan oleh Ketombe.

BACA JUGA:  5 Penyebab Masalah Kulit Kering

Sebenarnya mengatasi Ketombe sangat mudah dilakukan asalkan kamu rajin untuk melakukan cara-cara sebagai berikut:

1. Cuci rambut kamu secara rutin

3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Ketombe

Cara ini sangat simple dan dan sangat mudah untuk dilakukan, kamu cukup mencuci bersih rambut secara rutin, terutama bagi kamu yang mempunyai rambut berminya, dengan mencuci rambut secara rutin, maka sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kepalamu akan terangkat.

2. Mengunakan Sampo antiketombe

3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Ketombe

Selain mencuci rambut secara rutin, kamu juga dapat membantunya dengan memakai sampo antikentobe agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Sampo antiketombe biasanya mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, dan selenium sulfida.
Selain mengurangi ketombe, sampo antiketombe jga dapat meredakan gejal-gejala yang disebabkan oleh ketombe, seperti rasa gatal pada kulit kepala.

3. Minyak kelapa

3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Ketombe

Selain dua cara diatas, Minyak kelapa juga diyakini dapat mengatasi berbagai keluhan yang di akibatkan oleh masalah ketombe. Cara menggunakanya cukup oleskan minyak kelapa ke daerah kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit agar minya kelapa terserap ke dalam pori-pori kulit kepala. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.
Minyak kelapa selain bisa mengatasi masalah ketombe, minyak kelapa juga dapat melembabkan serta mengatasi masalah kulit kepala kering karena ketombe.

BACA JUGA:  3 Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Gigi

Akhir Kata

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk masalah ketombe, selain ketiga cara di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan berikut seperti, tea tree oil, lidah buaya, minyak zaitun, dan baking soda.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengatasi Kuku Menguning


Like it? Share with your friends!