12 Penyebab Kedutan Pada Mata

3 min


Penyebab Kedutan Pada Mata

Kedutan pada mata adalah kondisi dimana terjadinya kedutan karena terjadi karena gangguan pada sinaps saraf motorik dan otot-otot pada kelopak mata. Kedutan pada mata kiri atas merupakan hal umum yang sering terjadi dan tidak berbahaya sama sekali. Kedutan pada mata kiri atas hanya akan berlangsung beberapa menit saja.

Namun banyak yang percaya bahwa Kedutan mata kiri atas merupakan kondisi yang dimana sering dianggap sebagai tanda bahwa akan mendapatkan rezeki atau bertemu dengan saudara atau kerabat yang jauh. ini hanya mitos saja karena tidak ada penjelasan medis mengenai hal ini.

Semua orang pasti pernah merasakan kedutan pada mata. Biasanya kedutan ini terjadi pada bagian mata kiri, mata kanan, kelopak mata, hingga pada alis, Kedutan ini terjadi secara tiba-tiba dan tidak terkendali, bahkan kedutan pada mata bisa terjadi secara bersamaan.

Arti Kedutan Mata

Kedutan mata adalah kontraksi dimana bergetarnya urat-urat sekitar kelopak mata yang sering dianggap sebagai alamat atau pertanda dari penyakit atau gangguan kondisi tertentu seperti kelelahan, iritasi pada mata, sindrom mata kering, konsumsi kafein, merokok, alkohol, efek samping obat, serta melakukan aktivitas fisik berat.

Selain itu, Kedutan Mata terjadi ketika mata bagian atas berdenyut secara berulang. Mengejangnya otot-otot kecil dan saraf di sekitar mata dapat memicu terjadinya kedutan.
Myokymia adalah istilah medis untuk kedutan mata.

Baca juga: 4 Cara Untuk Menurunkan Demam Pada Anak

Penyebab Kedutan Pada Mata

1. Stres

Mata kanan kiri atas dapat disebabkan oleh stres. Stres menyebabkan otot-otot dan syaraf yang ada dalam tubuh termasuk pada mata dapat menegang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan satu atau kedua mata berkedut.

BACA JUGA:  4 Cara Untuk Menurunkan Demam Pada Anak

2. Alergi

Kedutan pada kelopak mata kiri atas juga dapat disebabkan oleh alergi. Alergi dapat menyebabkan mata gatal-gatal, berwarna merah, serta berair yang akan membuat kamu mengucek mata dengan tangan.
Selain itu, Alergi dapat membuat histamin yang keluar masuk kedalam jaringan pada sekitar mata. Hal tersebut tentu saja akan membuat kelopak mata digosok sehingga menyebabkan kedutan pada mata

3. Mata Lelah

Kedutan pada mata juga dapat disebabkan karena kelelahan pada mata. Mata dapat merasa kelelahan karena penggunaannya yang instens seperti terlalu lama bekerja di depan komputer dan membawa mengendarai kendaraan, baik itu mobil atau motor dalam jangka panjang

4. Mata Kering

Kedutan Mata kiri bawah secara terus-menerus dapat dikarenakan oleh mata kering, kekurangannya cairan pada mata yang bisa disebabkan karena banyak hal, seperti minum obat-obatan tertentu seperti antihistamin dan antidepresan serta memakai kontak lensa, beberapa alasan itu bisa membuat kondisi mata kering. Lalu kemudian kedutan karena mata kering dapat menjalan pada bagian mata lainnya

5. Kafein

Kafein merupakan stiluman yang dapat merangsang bagian sistem saraf pusat, Sistem saraf pusat berada pada dalam otak yang kemudian memberikan perintah ke seluruh fungsi tubuh.
Karenanya mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat mengakibatkan berbagai reaksi, diantaranya adalah bergetar dan berkedut, Kedutan ini bisa disebabkan oleh kafein dengan cara mengirimnya ke sistem saraf pusat supaya bekerja lebih keras. Kemudian otot-otot pada bagian mata akan terangsang untuk berkontraksi dan bergerak dengan sendirinya.

BACA JUGA:  3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Ketombe

6. Gangguan Nutrisi

Gangguan nutrisi contohnya seperti magnesium dapat memicu terjadinya mata kedutan. Gangguan pada mata kedutan karena kekurangan magnesium ini sebenarnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
Namun jika kamu mengalami kedutan pada mata, cara mengobatinya kamu harus tetap menjaga nutrisi dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi

7. Sakit Demam

Sakit pada demam bisa membuat mata kamu kedutan, Karena pada dasarnya demam menandakan fungsi imunitas dalam tubuh kita sedang melemah. Cara mengatasinya kamu dapat mengkonsumsi vitamin, melakukan olahraga, atau melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh

8. Kondisi Medis Tertentu

Kedutan pada mata bisa juga disebabkan oleh kondisi medis tertentu, Kamu dapat mengkonsultasikannya pada dokter dengan kondisi yang kamu alami agar mendapatkan pemeriksaan yang tepat.

9. Kelelahan

Kelelahan bisa menyebabkan kedutan pada mata, Kebiasaan terlalu sering begadang adalah salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan terjadinya kedutan pada mata. Selain itu, terlalu banyak bekerja dan terlalu sering menatap gadget juga bisa menyebabkan kedutan pada mata.

10. Kurang Tidur

Pada dasarnya kedutan pada mata dapat disebabkan oleh istirahat yang cukup, kurangnya tidur dapat membuat beberapa gangguan mata yang salah satunya menjadi kedutan pada mata

11. Menggunakan obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obat tertentu dapat membuat kedutan pada mata kiri atas. Pemakaian obat seperti antipileptik dan antipsikotik dapat mempengaruhi saraf dan otot sehingga membuat otot menegang dan berkedut

12. Cahaya yang terlalu terang

Saraf sejatinya dapat menegang ketika kamu berada pada ruangan yang gelap, lalu tiba-tiba mendapatkan cahaya yang terang. Kondisi ini dapat mengakibatkan mata sakit dan membuat kedutan pada mata.

BACA JUGA:  5 Cara Mengatasi Nyeri Saat Sakit Kepala

Pernah mengalami mata berkedut?

Kedutan pada mata bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Kedutan ini bisa saja terasa sakit dan akan mengganggu aktivitas kamu.
Kedutan pada mata dapat terjadi pada bagian kiri atau kanan, atau pada kedua mata. Adapun kedutan pada mata sering terjadi pada mata kiri atas, terutama disekitar alis.

Walaupun begitu, jika kamu mengalami kedutan pada mata dan disertai dengan kejang pada otot wajah, bengkak atau kemerahan pada mata, dan membuat mata tertutup. Sebaiknya segeralah periksa kondisi anda pada dokter.

Namun jika kamu sedang mengalami kondisi ini. Dr. Hisar menyarankan agar kamu untuk beristirahat yang cukup, menghindari asupan kafein, alkohol, dan membatasi kebiasaan merokok.

Kemudian bila kedutan muncul sebaiknya kamu segera menggunakan obat tetes mata, dan memberikan kompres dengan menggunakan air hangat guna meregangkan otot pada bagian kelopak mata. Selain itu memijat pada bagian otot sekitar mata, dan melakukan istirahat yang cukup bisa menghilangkan masalah Kedutan mata kiri atas.

Penyakit ini sama sekali tidak berbahaya, namun jika kedutan terjadi secara terus menerus kamu harus waspada, kedutan pada mata bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang lebih serius.

Akhir Kata

Nah itu dia arti dan penyebab kedutan pada mata, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kamu tentang kedutan pada mata. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Milia Pada Wajah


Like it? Share with your friends!